logo alinea.id logo alinea.id

Presiden Jokowi open house dari pukul 9 sampai 12

Sementara calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memutuskan tidak menggelar open house alias halalbihalal pada tahun ini.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Selasa, 04 Jun 2019 18:17 WIB
Presiden Jokowi open house dari pukul 9 sampai 12

Pada malam takbiran menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, Presiden Joko Widodo akan berkumpul bersama keluarga besar di Istana Kepresidenan Bogor.

"Presiden akan berkumpul bersama keluarga pada saat malam takbiran," demikian keterangan Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey T Machmudin, melalui telepon pada Selasa.

Selain itu, Sekretariat Kepresidenan pada hari lebaran rencananya menggelar halalbihalal atau open house Jokowi bersama pejabat negara maupun masyarakat umum pada Rabu pagi hingga siang (5/6).

Masyarakat yang hendak bersilaturahim kepada Jokowi dapat berkumpul di Silang Monas, Jakarta, untuk mendata diri terlebih dahulu.

Selanjutnya, warga akan dibawa masuk ke dalam komplek Istana Negara, Jakarta, dengan menumpang sejumlah bus. Setelah tiba di Istana Negara, masyarakat disediakan tenda khusus untuk menunggu giliran halalbihalal bersama Jokowi. "Masyarakat akan diberi kenyamanan, hiburan, dan juga konsumsi sehingga tidak lelah menunggu," kata Machmudin.

Sebelumnya, Jokowi pada Senin (3/6) telah menyampaikan ucapan selamat Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah kepada seluruh rakyat Indonesia yang merayakannya.

Presiden berharap Idulfitri 1440 H dapat menjadi momentum mempererat kembali semangat persatuan dan persaudaraan bangsa, baik di dalam keluarga maupun antarmasyarakat.

Perayaan Idulfitri juga diharap menjadi awal untuk berdiri bersama sebagai sebuah bangsa dan membangun bangsa ini ke depan agar menjadi lebih baik. 

Sponsored

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak melaksanakan gelar griya pada hari pertama lebaran, Rabu (5/6), karena sedang menjalani masa pemulihan pascaperawatan medis di rumah sakit selama 10 hari.

"Saya 10 hari di rumah sakit, menjalani perawatan usus. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Sekarang pemulihan, mungkin beberapa hari. Jadinya saya tidak open house,” kata Wapres JK kepada wartawan di Kediaman Dinas Wapres di Jakarta, Selasa.

Selama menjabat sebagai Wapres di era pemerintahan Kabinet Kerja, JK selalu menyelenggarakan gelar griya atau open house, baik di Istana Wapres maupun di Kediaman Dinas.

Sebagai gantinya, untuk lebaran kali ini, JK akan mendampingi Presiden Joko Widodo untuk menyelenggarakan gelar griya di Istana Negara.

"Bersama-sama dengan Presiden, Insya Allah, besok saya open house. Karena Presiden minta kita sama-sama saja di Istana,” katanya.

Acara gelar griya di Istana Negara dimulai pukul 09.00 hingga 10.00 WIB untuk pejabat negara dan duta besar, dilanjutkan pukul 10.00-12.00 untuk masyarakat umum.

Prabowo tidak menggelar open house

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memutuskan tidak menggelar open house alias halalbihalal pada tahun ini. Hal itu dipilih Prabowo untuk memberikan kesempatan kepada seluruh staf, kader dan simpatisan untuk berkumpul bersama keluarga di hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah.

"Pak Prabowo memberikan kesempatan kepada seluruh staf kader, simpatisan dan relawan untuk berkumpul bersama keluarga dihari yang istimewa ini, karena itu Pak Prabowo tidak menggelar acara open house pada tahun ini," kata Kepala Prabowo-Sandi Media Center, Ariseno Ridhawan di Jakarta, Selasa (4/5).

Rencananya Prabowo akan melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Nurul Wathan yang ia bangun di kawasan Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Kami minta rekan-rekan media tidak meliput kegiatan salat Idulfitri ini, karena tidak elok. Ini sifatnya ibadah, biar semua bisa salat dengan khusyuk," katanya. 

Sedangkan untuk calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, Ariseno menjelaskan, Sandi akan merayakan Hari Raya Idulfitri di Amerika Serikat bersama dengan keluarga.

"Kami juga ingin menyampaikan pesan dari Pak Prabowo dan Pak Sandi untuk menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah bagi seluruh umat Islam di Indonesia maupun di dunia yang merayakan, selamat berkumpul dengan keluarga. Minal 'Aidin wal-Faizin. Mohon maaf lahir dan batin, jika ada keselahan selama ini," ujarnya. (Ant)