sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Puluhan ribu kendaraan wisatawan diputar balik

Tempat wisata dinyatakan overload saat akhir pekan kemarin lantaran banyak wisatawan dari luar daerah.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 17 Mei 2021 08:32 WIB
Puluhan ribu kendaraan wisatawan diputar balik

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memutar balik puluhan kendaraan wisatawan saat akhir pekan kemarin (Sabtu-Minggu, 15-16/5). Para pelancong tersebut menimbulkan kemacetan dan menyesaki tempat wisata.

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, menjelaskan, wisatawan yang datang bukan dari daerah yang sama sehingga putar balik harus dilakukan demi mencegah terjadinya kerumunan.

"Kemudian saya sampaikan, kendaraan yang diputarbalikkan (sebanyak) 42.307 selama dua hari ini di konsentrasi tempat wisata karena overload. Harus kita manage supaya tidak terjadi kerumunan," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (17/5).

Istiono pun mengimbau masyarakat memahami kondisi saat ini dan memahami betul aturan perizinan berwisata yang dikeluarkan pemerintah.

Sponsored

"Saya harapkan masyarakat benar-benar paham kondisi itu karena petugas di lapangan sudah bekerja keras, sudah maksimal untuk menekan penyebaran Covid-19," katanya.

Sebelumnya, Korlantas Polri melakukan pengetatan pengecekan setiap kendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek pada arus balik Lebaran 2021. Sebanyak 109 titik pemeriksaan (check point) didirikan untuk menghadapi arus balik.

Di pos pengecekan itu, personel gabungan menggelar pemeriksaan tes cepat antigen secara acak (random). Tujuannya, memastikan seluruh masyarakat yang kembali ke Jakarta bebas dari Covid-19.

Berita Lainnya