sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Rapat perdana Panja Jiwasraya Komisi III digelar tertutup

Agendanya memanggil pihak Kejaksaan Agung (Kejagung), dalam hal ini Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 13 Feb 2020 13:38 WIB
Rapat perdana Panja Jiwasraya Komisi III digelar tertutup
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2092
Dirawat 1751
Meninggal 191
Sembuh 150

Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi III DPR melaksanakan rapat perdana dalam mengawal proses hukum PT Asuransi Jiwasraya (persero). Agendanya memanggil pihak Kejaksaan Agung (Kejagung), dalam hal ini Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Ketua Panja Jiwasraya Komisi III Herman Herry, mengatakan, tujuan rapat ini adalah mengetahui rencana Jampidsus dalam menyelidiki kasus Jiwasraya. Termasuk perkembangan dan hasil dari investigasi yang sudah dilakukan.

"Bagaimana caranya penyidik kejaksaan bisa menarik kembali uang yang sudah keluar dan sudah diambil mereka, kemudian menyita seluruh aset-aset, serta memanggil pihak-pihak yang diduga ada kaitan dengan para tersangka ini," kata Herman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Sayangnya rapat dilaksanakan tertutup. Semua itu dilakukan agar seluruh penyidik tidak ragu-ragu dalam membuka setiap yang mereka ketahui. Rapat ini juga tidak akan membuka proses penyelidikan secara menyeluruh. Ini karena Panja DPR sangat menghormati hal-hal yang masih bersifat rahasia penyidikan.

Sponsored

"Tetapi saya tegaskan kuncinya. Ada hal-hal yang sifatnya masih rahasia penyidikan, termasuk penelusuran aset, untuk tidak dibuka di panja ini," ujar Herman.

Lebih jauh, Herman berharap Panja Komisi III bisa mengawasi secara optimal. Ia juga berharap penyidik bisa membuka secara transparan kemungkinan tersangka lain, atau pihak-pihak yang diduga terlibat.

"Menurut kami tidak mungkin yang sudah ditahan ini bisa berjalan sendiri tanpa melibatkan pihak lain, maupun institusi lain. Yang saya maksud institusi adalah dunia perbankan," ujarnya.
 

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sabtu, 04 Apr 2020 13:20 WIB
Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Jumat, 03 Apr 2020 13:12 WIB
Berita Lainnya