sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rizieq Shihab: Revolusi akhlak bukan pemberontakan

Imam Besar FPI Rizieq Shihab bicara revolusi akhlak di acara reuni 212.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 02 Des 2020 11:56 WIB
Rizieq Shihab: Revolusi akhlak bukan pemberontakan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab menegaskan, revolusi akhlak bukan suatu gerakan pemberontakan, atau tindakan makar. Pasalnya, revolusi akhlak turut digerakkan oleh para ulama dan para habib.

"Kami ini, para habaib yang berakidah sunnah wal jamaah, kami ini di didik guru-guru kami. Kami dididik dengan ahli sunnah wal jamaah. Kami tidak boleh lakukan pemberontakan terhadap pemerintah yang sah," ujar Rizieq, saat berbicara dalam acara Reuni 212, yang disiarkan secara daring, Rabu (2/12).

Baginya, para ulama dan habib tetap mengakui pemerintahan yang sah meski tidak disukai oleh masyarakat. Namun, dirinya harus bersikap objektif dalam menilai sikap akan kebijakan pemerintah.

"Apakah kebijakannya bagus, baik. Harus kita apresiasi. Kita terima, kita jalankan bersama. Adapun kebijakan yang tidak populer, kebijakan yang membahayakan rakyat dan negara, kebijakan yang menindas rakyat ya kita kritisi," tegas dia.

"Nah mengkritik pemerintah yang sah itu bukan makar. Mengkritik pemerintah yang sah, itu bukan pemberontakan," imbuh Rizieq.

Dia menekankan, para ulama dan habib mempunyai kewajiban untuk berdakwah, dan mengajak orang untuk berbuat baik termasuk para penguasa, dan pemerintah.

Karena itu, dia menegaskan, revolusi akhlak tidak diartikan sebagai gerakan makar atau pemberontakan.

"Sekali lagi kita ingatkan, revolusi akhlak jangan digambarkan revolusi berdarah-darah, revolusi makar, revolusi pemberontakan, revolusi menjatuhkan pemerintah yang sah, tidak begitu," tegasnya.

Sponsored

Untuk diketahui, acara Reuni 212 kali ini digelar secara virtual dan disiarkan di Youtube. Hadir pula di acara tersebut sejumlah tokoh di antaranya Yusuf Martak, Slamet Maarif, Rocky Gerung, Refly Harun, Ahmad Dhani hingga Felix Siauw.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

DC garap film reboot Superman berkulit hitam

Senin, 01 Mar 2021 15:53 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB