logo alinea.id logo alinea.id

Rocky Gerung pertanyakan integritas Ratna Sarumpaet sebagai aktivis

Tak pantas bagi Ratna Sarumpaet yang merupakan seorang aktivis bersikap bodoh dengan membohongi publik.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 23 Apr 2019 13:55 WIB
Rocky Gerung pertanyakan integritas Ratna Sarumpaet sebagai aktivis

Akademisi Universitas Indonesia, Rocky Gerung, mempertanyakan integritas Ratna Sarumpaet selaku aktivis demokrasi. Menurutnya, tak pantas bagi Ratna Sarumpaet yang merupakan seorang aktivis bersikap bodoh dengan membohongi publik.

Karena ulah Ratna, Rocky Gerung mengaku jengkel ketika mengetahui ibunda Atikah Hasiholan itu ternyata berbohong mengenai wajahnya yang lebam akibat pemukulan. Menurut Rocky, aktivis seperti Ratna Sarumpaet seharusnya menjaga integritasnya dengan tidak melakukan kebohongan.

“Saya jengkel aktivis demokrasi bisa berbohong. Jadi, saya tagih integritasnya. Saya tekankan, apalagi terhadap pejuang demokrasi intergritas itu harga mati,” kata Rocky dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Rocky Gerung yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) sebagai saksi dalam persidangan, mengaku dirinya turut menjadi korban kebohongan Ratna Sarumapet, sama seperti masyarakat lainnya. Ia pun menganggap kebohongan tersebut telah merugikan banyak pihak. 

“Jadi, dalam kepala saya, saya adalah korban. Masyarakat juga korban. Yang aneh ya jangan jadi membully sesama korban. Ini yang tidak menggunakan akal sehat kalau menurut saya,” ujar Rocky.

Meski kecewa terhadap Ratna Sarumpaet, Rocky mengaku telah memaafkan ibu empat anak itu. Menurut Rocky, dengan permohonan maaf yang telah dilakukan Ratna Sarumpaet di hadapan publik, maka kebohongan itu perlu disudahi.

Sementara Ratna Sarumpaet, dalam kesempatan tersebut tak lupa kembali mengucapkan permohonan maafnya kepada Rocky Gerung sebagai teman sesama aktivis. 

"Rocky ini teman dan sahabat saya, dia satu dari ribuan aktivis yang tertipu oleh saya. Tapi soal integritas kita tunggu saja. Waktu akan membuktikan ini bukan soal integritas," kata Ratna.

Sponsored

Selain Rocky Gerung, jaksa penuntut umum (JPU) diketahui juga mendatangkan musisi bernama Tompi. Baik Rocky maupun Tompi dihadirkan JPU sebagai saksi. Dalam persidangan itu, Tompi yang merupakan dokter spesialis bedah plastik, mengungkapkan jika dirinya pernah menantang Fahri Hamzah untuk membuktikan kebohongan Ratna Sarumpaet melalui sang istri. 

Tompi menantang Fahri karena istri wakil Ketua DPR itu merupakan seorang dokter bedah plastik. Selain itu, alasan lainnya karena Fahri Hamzah kerap menentangnya lewat cuitan di media sosial Twitter untuk membela Ratna Sarumpaet.

“Yang saya ingat adalah jawaban saya terhadap Fahri Hamzah, kebetulan saya tahu istri beliau dokter bedah. Saya tantang beliau,” ucap Tompi.