logo alinea.id logo alinea.id

Sebelah Ainun, Habibie presiden pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata

BJ Habibie telah sejak lama memesan kavling untuk makam dirinya, yang berada di samping kuburan Ainun Habibie.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Kamis, 12 Sep 2019 10:32 WIB
Sebelah Ainun, Habibie presiden pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata

Presiden RI ke-3 RI BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Pemakaman akan dipimpin oleh Presiden Jokowi sekitar pukul 14.00 WIB siang nanti.

"Untuk pemakaman almarhum besok di Taman Makam Pahlawan sudah kita persiapkan," kata Pratikno di rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Pemilihan TMP Kalibata sebagai lokasi persemayaman jasadnya, merupakan keputusan Habibie sejak jauh hari. Hal ini membuat Habibie menjadi Presiden RI pertama yang dimakamkan di lokasi tersebut.

Tiga presiden sebelumnya dimakamkan di pemakaman keluarga. 
Presiden pertama RI, Soekarno, dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Bung Karno wafat pada 22 Juni 1970.

Soeharto, Presiden kedua RI, dimakamkan di Astana Giribangun yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Pemakaman dilakukan pada 28 Januari 2008 lalu.

Adapun Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, dimakamkan di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Habibie punya alasan kuat yang membuatnya memilih dimakamkan di TMP Kalibata. Saat menjadi salah satu pengisi acara Mata Najwa 2016 lalu, Habibie mengatakan dirinya sudah memesan kavling untuk menjadi kuburannya. Letaknya berada di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun Besari.

BJ Habibie saat berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Besari di Taman Makam Pahlawan Kalibata./ Antara Foto

Sponsored

Kepala Plt Biro Humas Kementerian Sosial Sonny W Manalu membenarkan informasi tersebut. Kemensos yang merupakan institusi yang mengelola TMP Kalibata, telah menyiapkan lokasi makam Habibie.

"Pak Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata Blok M Nomor 120, sedangkan Ibu Ainun di sebelahnya Nomor 121," kata Sonny di Jakarta, Kamis (12/9).

Prosesi pemakaman Habibie akan dimulai di rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Pihak keluarga akan menyerahkan jenazah Habibie pada pemerintah.

Selanjutnya, jenazah dijadwalkan diberangkatkan ke TMP Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah tiba di TMP, pemakaman akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dengan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. (Ant)