sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Siber Polri gelar patroli pamflet digital Rizieq Shihab

Polri bersama Kominfo telusuri pamflet digital Habib Rizieq.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 24 Nov 2020 17:11 WIB
Siber Polri gelar patroli pamflet digital Rizieq Shihab

Polri bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan pemilik aplikasi media sosial bekerja sama dalam menelusuri pamflet digital Habib Rizieq Shihab.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono mengungkapkan, Siber Polri memang tidak memiliki wewenang untuk menurunkan postingan pamflet digital Habib Rizieq Shihab.

Kendati demikian, sambung dia, Siber Polri dalam patroli di dunia maya selalu memberikan laporan kepada Kominfo atas akun-akun yang memposting pamflet tersebut.

“Jadi, yang memiliki hak eksekusi take down Kominfo. Kalau siber patrol menemukan adanya pelanggaran terkait hal tersebut akan diinfokan ke Kominfo,” tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/11).

Menurut Awi, jika ada hal demikian, Polri juga menghubungi pengelola media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube untuk menginformasikan adanya pelanggaran. Namun, tindakan selanjutnya tergantung pada pengelola masing-masing aplikasi.

“Polri koordinasi dengan perusahaan tersebut yang sifatnya imbauan,” ucap Awi.

Untuk diketahui, pencopotan baliho Habib Rizieq Shihab dilakukan oleh TNI. Pangdam Jaya telah mengakui pencopotan itu langsung atas perintahnya.

Dalam pencopotan baliho, Polri tidak turun tangan meski mengaku mendukung tindakan tersebut. Namun, Polri melakukan patroli siber atas pamflet digital serupa.

Sponsored
Berita Lainnya