sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

SMKL gunakan dana segar untuk bangun pabrik

Selain memproduksi karton, SMKL juga merambah bisnis penyewaan truk.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 11 Jul 2019 12:20 WIB
SMKL gunakan dana segar untuk bangun pabrik

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk., produsen kemasan resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (11/7). Perusahaan penyedia kertas karton ini merupakan emiten ke-31 tahun ini yang melantai di BEI.

Emiten yang mendapat kode SMKL dari BEI ini melepas sebanyak 19,2% atau setara dengan 650 juta saham. SMKL membuka harga penawaran mereka di angka Rp193 per lembar saham.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, saham SMKL langsung mengalami auto reject dengan kenaikan harga saham sebesar 69,95% menjadi Rp328 dari harga pembukaan Rp193. Saham SMKL diperdagangkan dengan frekuensi transaksi sebanyak 14 kali, dengan volume 2.327 lot senilai Rp73,37 juta. 

Selama masa penawaran umum saham, saham SMKL mengalami oversubscribed 27,11 kali dari porsi penjatahan (pooling) yang ditawarkan ke masyarakat. SMKL mendapatkan dana segar sebesar Rp124,5 miliar. 

Ekspansi

Rencananya, dana segar tersebut dialokasikan sebanyak 40% untuk modal kerja perusahaan. Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan persediaan bahan baku kertas, baik impor maupun lokal. 

Kemudian sebanyak 30% akan digunakan untuk melunasi sebagian utang bank. Sisanya, sekitar 30% akan digunakan untuk membeli mesin dan lokasi pabrik baru.

Direktur Utama SMKL Ang Kinardo mengatakan lokasi dari pabrik baru SMKL tersebut sedang dalam proses pencarian. 

Sponsored

"Masih dicari, mudah-mudahan kami dapat lokasi di Jawa Tengah," ujar Ang di Gedung BEI, Kamis (11/7).

Saat ini, kata Ang, kapasitas produksi pabriknya sebesar 150.000 ton per tahun. Dengan adanya pabrik baru tersebut, kapasitas produksi bisa meningkat dua kali lipat, setelah terbangunnya pabrik baru tersebut. 

Sebagai informasi, SMKL merupakan perusahaan yang memproduksi karton. Perusahaan juga melebarkan lini bisnisnya berupa penyewaan truk. Pangsa pasar SMKL tidak hanya dalam negeri, tapi juga telah merambah pasar Amerika Serikat (AS) dengan menjadi pemasok kantong belanja untuk Walmart. SMKL mengirim sebanyak 150 kontainer ke Walmart tahun ini.

SMKL memproduksi karton gelombang (corrugated carton box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan, minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu, dan lain sebagainya. 

Sebagian besar pelanggan SMKL berasal dari sektor konsumer dan teknologi seperti: Unilever, Adidas, Indofood, Mayora, Haier-Sanyo, Samsung, Nestle, Epson, Jco Donut & Coffee, Oppo, Lenovo, dan Polytron. 

Ke depan, SMKL juga berencana memproduksi boks perhiasan, premium gift products, dan boks peralatan tulis.
 
 

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB