sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sriwijaya Air sebut jatuhnya SJ-182 peristiwa yang sangat berat

Pihak Sriwijaya Air menyampaikan duka cita mendalam pada seluruh keluarga korban.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Minggu, 10 Jan 2021 19:38 WIB
Sriwijaya Air sebut jatuhnya SJ-182 peristiwa yang sangat berat

Sriwijaya Air mengeluarkan tanggapan resmi terkait jatuhnya pesawat SJ-182 rute Jakarta-Pontianak di sekitar Kepulauan Seribu. Sriwijaya Air akui insiden tersebut peristiwa yang sangat berat.

“Sriwijaya Air menyatakan turut prihatin serta menyampaikan duka cita yang mendalam kepada seluruh keluarga dari penumpang serta awak pesawat pada penerbangan SJ-182, agar kiranya terus diberikan ketabahan oleh Tuhan Yang Maha Esa," ujar Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Theodora Erika, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/1).

Pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh dan pendampingan bagi keluarga penumpang SJ-182 selama proses evakuasi dan identifikasi berlangsung.

Sriwijaya Air, lanjut Erika, akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang dalam upaya bersama untuk melakukan proses evakuasi dan investigasi kasus ini.

Untuk keperluan komunikasi, Sriwijaya Air telah menyiapkan crisis center (posko darurat) yang berada di empat lokasi. Pertama, dua posko di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 2D, yakni Posko Keluarga di Koridor dalam, dan Posko Media di Koridor luar.

Posko kedua di Bandara Supadio Pontianak, posko ketiga di Dermaga II, Jakarta International Container Terminal (JITC) Tanjung Priok, dan terakhir posko Antemortem Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Sriwijaya Air juga telah menyiapkan nomor hotline yang dapat dihubungi yaitu 021 - 8063 7817 untuk keluarga penumpang dan 021 - 8063 7813 untuk media.

Saat ini, upaya pencarian bangkai pesawat SJ-182 sudah menemui titik terang. Lokasi kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu sudah terdeteksi.

Sponsored

"Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sekarang telah diberi marking," kata Hadi, saat konferensi pers dari Pelabuhan JICT 2, Jakarta Utara, Minggu (10/1).

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen Rasman berharap black box SJ-182 dapat segera diangkat pada malam ini. Namun, dia tidak ingin memaksakan kondisi evakuasi lantaran minimnya pencahayaan di dasar laut pada malam hari.

"Mudah-mudahan saja malam ini. Harapan kita, lebih cepat lebih baik. Tetapi seperti yang disampaikan tadi bahwa kondisi malam seperti ini, tentu menjadi sebuah hambatan bagi kita mendalami penyelaman. Tetapi harapan kita, harapan kita lebih celat lebih baik," terangnya.

Berita Lainnya