logo alinea.id logo alinea.id

Kecelakaan lagi, Tol Cipularang akan dianalisis keamanannya

Analisis akan dilakukan terkait faktor-faktor yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan di lokasi itu.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 11 Sep 2019 17:08 WIB
Kecelakaan lagi, Tol Cipularang akan dianalisis keamanannya

Korps Lalu Lintas Mabes Polri bakal melakukan analisis terhadap Tol Cipularang, terutama di KM 91-92. Langkah itu diambil setelah kecelakaan terjadi lagi pada Selasa (10/9), melibatkan dua kontainer serta tiga kendaraan kecil golongan I.

Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Pol Refdy Andri menyatakan analisis akan dilakukan terkait faktor-faktor yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan di lokasi itu.

“Nanti akan kami teliti, itu jadi atensi kita,” tutur Refdy di PTIK, Rabu (11/9).

Secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Jasa Marga merupakan pihak yang kompeten menganalisis dan mengevaluasi secara teknis tentang keamanan di jalan tol.

Selain bekerja sama dengan Jasa Marga, kepolisian juga akan menggandeng Kementerian Perhubungan dalam menganalisis secara komprehensif teknis keselamatan jalan.

"Apabila nanti perlu langkah perbaikan dan pencegahan secara awal, khususnya di titik rawan laka akan ada perbaikan secara teknis," tutur Dedi Prasetyo.

Sementara itu, menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar, Kompol Efos Satria Wisnuwardana, perlu penerapan radar kecepatan atau Speed Gun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), khususnya di Tol Cipularang sekitar kilometer 90 sampai 100. Karena menurutnya, wilayah yang kerap terjadi kecelakaan tersebut, memiliki kontur jalan yang menurun.

"Karena di situ jalurnya landai menurun, tidak terasa kalau orang lewat ke situ tambah kecepatan," kata dia.

Sponsored

Penerapan Speed Gun juga mendorong untuk menindak pelanggar yang melebihi batas kecepatan di Jalan Tol.

"Ya memang itu (Speed Gun) salah satu rekomendasi kita. Memang harus begitu (diterapkan)," kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 8 orang meninggal dunia akibat kecelakaan tabrakan beruntun yang terjadi di kilometer 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Senin (2/9).

Diketahui sebanyak 21 kendaraan terlibat dalam kecelakaan maut tersebut. Beberapa kendaraan mengalami kebakaran hingga menghanguskan pengendara yang menjadi salah satu korban.

Kemudian kecelakaan kembali terjadi di Tol Cipularang tepatnya di sekitar kilometer 90-96 pada Selasa (10/9) lalu yang melibatkan beberapa unit kendaraan. Beruntung, tidak ada korban tewas dalam peristiwa tersebut.(Ant)