sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Total 500 TKI dari Malaysia tiba di Kualanamu besok

Mereka akan dibawa ke Lapangan Cadika, Medan, untuk menjalani karantina.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Kamis, 09 Apr 2020 08:55 WIB
Total 500 TKI dari Malaysia tiba di Kualanamu besok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 26940
Dirawat 17662
Meninggal 1641
Sembuh 7637

Sekitar 500 tenaga kerja Indonesia akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, dari Malaysia. Mereka akan pulang bergelombang mulai hari ini hingga besok (10/4) 

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, Dinas Kesehatan Sumatera Utara akan mengarantina mereka di Lapangan Cadika, Kota Medan.

"Setelah mereka diperiksa kesehatannya dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan serta relatif steril di Bandara Kualanamu, baru kita bawa ke Cadika dan dipilih mana saja mereka berasal, sebelum kita pulangkan ke daerahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu (8/4) malam.

Menurutnya, para TKI tersebut juga akan menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Selain itu, barang-barang bawaan mereka juga akan mendapat perlakuan yang sama untuk mencegah penyebaran coronavirus. 

Alwi mengaku tak dapat memastikan proses tersebut akan memakan waktu berapa lama. Dia menekankan, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang dibawa TKI dari luar negeri.

Dia juga berharap, para TKI melanjutkan proses pencegahan tersebut di wilayah asal masing-masing. Para TKI juga harus mengikuti imbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, agar tak membahayakan keluarga saat berada di rumah masing-masing.

"Kita harap mereka diisolasi di tempatnya masing-masing untuk diperiksa lebih lanjut dan proses pemeriksaan kesehatan yang lebih intensif guna memastikan tidak membawa virus Covid-19," kata Alwi.

Adapun saat tiba di Bandara Kualanamu, pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara akan melakukan penanganan sesuai dengan ketentuan SOP Karantina Kesehatan Pelabuhan, yang menjadi pintu masuk melalui pelabuhan udara. Selain pemeriksaan dokumen, petugas Angkasa Pura II juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan.
 
Setelah dari Bandara Kualanamu, para TKI tersebut rencananya akan dikarantina selama 14 hari di bawah pengawasan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut.

Sponsored
Berita Lainnya