sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ustaz Sambo bantah tahu pertemuan Eggi Sudjana soal makar

Ustaz Sambo mengaku baru mengetahui pertemuan Eggi Sudjana dengan sejumlah tokoh saat diperlihatkan foto oleh penyidik.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 27 Mei 2019 14:57 WIB
Ustaz Sambo bantah tahu pertemuan Eggi Sudjana soal makar

Ansufri Idrus Sambo alias Ustaz Sambo memenuhi panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Sambo diperiksa sebagai saksi terkait kasus yang menjerat tersangka makar, Eggi Sudjana. Pada panggilan sebelumnya, Sambo mangkir.

Datang sekira pukul 10.20 WIB, Ustaz Sambo mengaku dirinya dimintai keterangan mengenai pertemuan antara Eggi Sudjana dengan beberapa tokoh di Tebet, Jakarta Selatan. Namun, ia mengaku tidak tahu mengenai pertemuan tersebut. 

“Saya dikasih tahu fotonya. Saya tahu tempatnya. Tapi tidak tahu kapan. Jadi, saya tidak ada hubungannya dengan kasus ini,” kata Ustaz Sambo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/5).

Karena merasa tak mengetahui pertemuan itu, kata Sambo, sudah sepatutnya penyidik tidak perlu berlama-lama memeriksa dirinya. Ia juga mempertanyakan langkah penyidik kepolisian yang mengaitkan dirinya dengan kasus yang menjerat Eggi itu.  “Saya merasa tidak ada kaitannya, kenapa disangkut-sangkutin,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia membeberkan alasan ketidakhadirannya pada pemanggilan pertama. Kepada media, dia mengatakan dirinya tak hadir karena masih mempertimbangkan bersama kuasa hukumnya. Dari pertimbangan itu, akhirnya kuasa hukum meyakinkan dirinya agar menghadapi panggilan tersebut meski tak merasa terlibat.

"Makanya atas saran lawyer-lawyer ini, saya harus hadapi. Ya sudah saya datang. Jangan sampailah ustaz diciduk diborgol. Gitu, ya tidak lah. Kita gentlement saja kalau memang ini ya kita hadapi," ujar Sambo.

Ustaz Sambo datang ditemani kuasa hukumnya, Hendarsam Marantoko. Dia mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi pemeriksaan kali ini. Sambo mengaku hanya berdoa menjelang diperiksa.

"Ya persiapannya berdoa saja yang banyak.(Barang bukti) itu juga tidak tahu ya. Tidak ada juga barang yang dibawa," ucap Sambo.

Sponsored

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengagendakan memeriksa Ustaz Ansufri Idrus Sambo, Rabu (22/5). Hanya saja, ia urung memenuhi panggilan tersebut.

Adapun Eggi Sudjana saat ini telah ditahan usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka makar. Merujuk pada Surat Perintah Penahanan Nomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum, tertanggal 14 Mei 2019, Eggi ditahan selama 20 hari.