sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AFF U-19 Women Championship 2023: Indonesia kalahkan Laos 4-1

Garuda Pertiwi Muda mengalahkan Laos 4-1 dalam ajang AFF U-19 Women's Championship 2023.

Satriani Ari Wulan
Satriani Ari Wulan Sabtu, 08 Jul 2023 15:40 WIB
AFF U-19 Women Championship 2023: Indonesia kalahkan Laos 4-1

Garuda Pertiwi Muda mendulang kemenangan di ajang AFF U-19 Women's Championship 2023 setelah berhasil mengalahkan Laos dengan skor 4-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (7/7).

Pertahanan Indonesia dibobol lebih dahulu oleh lawan, lewat sepakan Chaikham dari sisi kanan saat laga baru berjalan 12 menit. Namun srikandi Indonesia bisa balik mencetak gol balasan lewat tandangan jarak jauh Armelia Nur Sava Zada di menit ke-17.

Kemudian, gol kedua Indonesia datang dari Claudia Alexandra Scheunemann jelang turun minum menit ke-45+3. Tendangan sudut dari Sheva Imut Furyzcha mampu dimanfaatkan oleh Claudia.

Pada babak kedua, Indonesia sukses menambah dua gol lagi, oleh Claudia di menit ke-68 dan Ayunda Dwi Anggraini menit ke-84.

"Pertama kami kaget, ya (dengan gol lawan) mereka press lebih awal dan juga seperti Laos sebelumnya melawan Kamboja, bisa gol lebih duluan, tetapi kesalahan pemain sendiri juga pas ketika build-up tidak membantu untuk memecahkan kebuntuan, karena mereka terlalu jauh, dan juga confident memegang bolanya kurang di pasca-kebobolan duluan. Tapi, setelah kami mencetak gol, mereka lebih enjoy dalam menjalani pertandingan. Kami bersyukur bisa menang," kata pelatih, Rudy Eka Priyambada.

Mengenai gol cepat lawan, Claudia Alexandra Scheunemann sependapat dengan pelatihnya. "Ya, awalnya sih kami kaget, mereka bisa cetak gol, tapi karena pelatih dan teman-teman semua kasih motivasi, jadi kami sebagai tim bisa mencetak gol dan tidak menyerah hingga akhir pertandingan," katanya.

Dia menyebut masih bisa banyak yang harus diperbaiki guna membawa tim menjadi juara.

"Ya, tentunya kami bisa menjadi juara AFF ini. Untuk masalah berapa jumlah gol yang saya cetak, itu tidak terlalu penting," sambungnya.

Sponsored

Walau menang, Rudy Eka memberi masukan sedikit untuk pemainnya. Rudy bilang, laga tersebut cukup melelahkan.

"Main bola kurang pintar, jadinya tendang bola jauh, lari, akhirnya tertabrak, jadi banyak terkena benturan, apalagi Awi kena kartu kuning, besok kalau kena kartu kuning lagi, semifinal tidak bisa main, jadi mesti berpikir bagaimana match berikutnya tidak memakai Awi," tutur Rudy Eka.

Dengan hasil ini, Indonesia masih berada kokoh di puncak klasemen grup A dengan torehan enam poin, di atas Kamboja yang juga hari ini menang 1-0 dari Timor Leste dan memiliki poin sama. Namun Indonesia lebih unggul dalam produktivitas gol. Memasukkan 11 gol dan hanya kemasukan satu gol dalam dua laga yang sudah dilalui.

Berikutnya, Indonesia akan bertemu Kamboja di laga terakhir penyisihan grup A, pada Minggu (9/7). 

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid