sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Borobudur Marathon tetap digelar saat pandemi Covid-19

Kegiatan rencananya dilangsungkan pada November 2020.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 08 Sep 2020 21:07 WIB
Borobudur Marathon tetap digelar saat pandemi Covid-19

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) tetap akan melangsungkan Borobudur Marathon meskipun di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19). Rencananya dilaksanakan November 2020.

"Karena masih pandemi, konsep yang kami lakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. (Sekarang) kami buat secara hybrid, ada beberapa elite maraton yang kita undang terbatas untuk lari di Borobudur, sementara lainnya bisa mengikuti ajang ini secara virtual di tempatnya masing-masing,” ucap Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (8/9).

Kendati begitu, menukil situs web Pemprov Jateng, para pelari virtual tetap dapat memilih kategori. Dari 10K, half marathon, hingga full marathon.

"Untuk di Borobudur, nantinya kami mengundang para atlet profesional untuk ikut lari di Borobudur dengan jumlah 30-40 orang. Tentunya pelaksanannya dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," paparnya.

Ganjar mengklaim, keputusan itu tidak diambil dengan mudah. Mulanya sempat ragu untuk melaksanakan kegiatan tahunan tersebut.

"Dengan tetap dilaksanakan, harapan kami, spirit untuk berlari masih ada. Event ini tidak akan hilang meskipun dengan cara baru sekaligus ini untuk edukasi bagaimana kita beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi," tuturnya. 

Event Manager Borobudur Marathon, Budi Sarwiadi, menambahkan, kegiatan dilaksanakan 15 November. Peserta virtual berkesempatan menyelesaikan rute yang ditentukan hingga akhir bulan.

"Nanti setelah mereka mendaftar, mereka bisa berlari di tempat masing-masing dalam waktu tertentu. Bukti tracker wajib dikirimkan melalui aplikasi yang kami siapkan," katanya.

Sponsored
Berita Lainnya