sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ekspresi kebencian kepada Ratu Elizabeth dari fans Celtic

Spanduk bertuliskan “Jika Anda membenci Keluarga Kerajaan, tepuk tangan” dibentangkan.

Aditya Putera Pratama
Aditya Putera Pratama Selasa, 20 Sep 2022 07:39 WIB
Ekspresi kebencian kepada Ratu Elizabeth dari fans Celtic

Aksi tidak terpuji terhadap kematian Ratu Elizabeth terjadi lagi, kali ini dalam lanjutan liga sepakbola Skotlandia yang mempertemukan St Mirren vs Celtic fans. Para fans Celtic yang bertamu ke St Mirren melakukan aksi tersebut. Untuk aksi ini sendiri dilakukan dengan cara membentangkan spanduk bertuliskan “Jika Anda membenci Keluarga Kerajaan, tepuk tangan” pada momen mengheningkan cipta dalam pertandingan tersebut.

Dikutip dari Skynews, Selasa (20/9), dalam pertandingan tersebut Celtic harus menelan kekalahan 2-0 dalam pertandingan tersebut. 

“Saya mengerti mengapa minat itu ada, tetapi saya seorang manajer di klub sepak bola, dan saya duduk di konfrensi pers yang ingin ingin berbicara tentang sepak bola,” kata Ange Postecoglou selaku Manajer dari Celtic. 

Kejadian ini sendiri bukan kejadian pertama kali, karena sempat terjadi pada lanjutan Uefa Champions League ketika club ini melawan Shaktar Donetsk. Pada pertandingan yang digelar di Polandia ini, Suporter celtic membentangkan spanduk “F**** mahkota.”

Meskipun berasal dari Skotlandia, Celtic sendiri merupakan club yang didirikan oleh orang Irlandia. Dalam sejarahnya juga, Celtic sendiri mempunyai akar yang sangat kuat dengan Irlandia, baik dengan supporter Celtic asal Irlandia ataupun beberapa pemainnya asal Irlandia. 
Koneksi yang sangat kuat ini membuat kaitannya Celtic dengan Irlandia sangat erat dengan muatan politis di dalamnya. Untuk sejarahnya juga, memang Irlandia mempunyai dendam secara historis dengan kebenciannya terhadap pemerintah Inggris, termasuk keluarga kerajaan.

Suara kebencian Suporter Celtic ini juga dianggap sebagai suara kebencian Irlandia terhadap keluarga kerajaan selama ini. Hubungan yang kuat tersebut juga menjadikan gerakan kebencian ini semakin luas dan memprovokasi orang–orang lain di dalam stadion.

Kejadian tersebut sudah berlangsung selama dua hari, namun para media Internasional menyoroti aksi tersebut sebagai rasa tidak hormat kepada keluarga kerajaan. Uefa sendiri akan mengambil tindakan terhadap Celtic yang disebabkan oleh ulah suporternya.

Dipekan Sebelumnya asosiasi sepak bola Skotlandia memang sudah memberikan penundaan terhadap kompetisi sepakbola di negara tersebut. Namun, di pekan selanjutnya Scottish Football Association memberika kesempatan untuk para club sepak bola untuk ikut menghormati kematian sang Ratu atau melanjtkan kompetisi.

Sponsored
Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid