IOC: Indonesia punya modal untuk menggelar Olimpiade

Indonesia dipandang memiliki generasi muda yang bersemangat dan banyak ruang untuk berkembang.

IOC: Indonesia punya modal untuk menggelar Olimpiade Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach memberikan keterangan pers di Media Press Center Asian Games 2018, Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (2/9)./AntaraFoto

Indonesia memiliki posisi dan peluang yang bagus untuk menggelar pesta akbar olahraga Olimpiade.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Jakarta, merespons positif penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Hal itu dianggapnya modal bagus bagi Indonesia menggelar pesta olahraga yang lebih besar lagi seperti Olimpiade.

"Dengan kesuksesan Asian Games, kalian telah membuktikan bahwa kalian bisa melakukannya," kata Bach.

Melalui Asian Games pula, Bach mengaku melihat semangat masyarakat Indonesia terhadap dunia olahraga.

"Bagi saya hal itu adalah kejutan yang sangat positif. Tak menyangka bisa melihat semangat untuk olahraga seperti itu. Saya telah berbicara kepada banyak orang dan semuanya gembira. Itu lah kenapa saya sangat yakin jika menggelar Olimpidae di sini pada 2032, semangat Olimpiade akan sangat hidup," kata Bach.

Alasan lain yang menjadi keunggulan Indonesia sebagai salah satu negara yang mencalonkan diri untuk menggelar Olimpiade 2032 adalah usianya yang masih muda.

Sebagai negara yang belum genap satu abad merdeka, Indonesia dipandang memiliki generasi muda yang bersemangat dan banyak ruang untuk berkembang.

Sebelumnya pada Sabtu, Bach menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyatakan kesiapan Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2032. Hal itu kemudian mendapat tanggapan positif dari Bach dan Presiden Dewan Olimpiade Asia Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah.
 

 

Sumber: Antara