sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menpora pede RI jadi tuan rumah Olimpiade 2032

Kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang digelar di Indonesia diharapkan menjadi modal sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Sabtu, 21 Des 2019 20:27 WIB
Menpora pede RI jadi tuan rumah Olimpiade 2032
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 271339
Dirawat 61628
Meninggal 10308
Sembuh 199403

Kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang digelar di Indonesia diharapkan menjadi modal sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan keinginan menjadi tuan rumah Olimpide 2032

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali agar melakukan komunikasi dengan International Olympic Committee (IOC) terkait keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Pak Presiden telah memanggil saya agar kami menemui IOC untuk membicarakan usulan kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," ungkap Zainudin di sela-sela menjadi narasumber di acara pendidikan kader muda Partai Golkar se-Jawa Timur di Surabaya, Jatim, Sabtu (21/12)

Zainudin mengaku, awalnya dirinya berencana mendatangi kantor IOC pada Desember 2019. Mengingat jadwalnya padat agenda dalam negeri, termasuk mengurusi ASEAN Games, akhirnya gagal terlaksana. Dia akan ke IOC  pada Januari atau sebelum pertengahan Februari 2020. 

"Sebenarnya Desember ini rencananya. Tapi karena masih banyak kegiatan di dalam negeri termasuk SEA Games. Akhirnya gagal ke sana tahun ini," tuturnya.

Menpora akan membeberkan bahan pertimbangan ke IOC untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 nanti. Pertama, Indonesia telah sukses menggelar Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 2018. Kedua, fasilitas venue cabang olahraga yang cukup memadai dan layak untuk kegiatan olahraga bertaraf Internasional. Sementara fasilitas pendukung lainnya yang bisa dinikmati oleh para peserta nantinya juga terbilang cukup. 

"Selain itu kita juga memiliki pak Erick Thohir (Menteri BUMN) yang saat ini menjadi salah satu eksekutif komite di IOC," terangnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu berharap agar momentum Piala Dunia U-20 bisa dijadikan pintu masuk untuk meraih dukungan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Maka, kata dia, kota yang ditunjuk sebagai venue PD U-20 oleh FIFA nanti, harus mampu memberikan kenyamanan dan keamanan tim yang bertanding. 

Sponsored

Pemerintah daerah diharapkan mampu memberikan tontonan budaya lokal yang membuat peserta PD menjadi terkesan ketika mengikuti pertandingan.

"Insyaallah sukses kita di penyelenggaran U-20. Akan semakin memperkuat referensi kita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," pungkasnya.

Berita Lainnya
×
img