logo alinea.id logo alinea.id

Minions Kevin-Gideon raih penghargaan terbaik dunia

Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Minions) meraih penghargaan pemain terbaik dunia.

Sukirno
Sukirno Selasa, 11 Des 2018 04:01 WIB
Minions Kevin-Gideon raih penghargaan terbaik dunia

Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, atau akrab disapa pasangan Minions, meraih penghargaan terbaik dunia.

Minions didaulat sebagai Pemain Putra Terbaik 2018 dalam malam penghargaan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) di Guangzhou, China, Senin (10/12) malam waktu setempat.

"Kami tidak menyangka dapat menang lagi pada tahun ini karena persaingannya ketat. Ada Zheng Siwei juga yang sering meraih juara," kata Kevin di Guangzhou seperti dilansir dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI).

Minions mengalahkan dua pesaing mereka pada kategori pemain putra terbaik yaitu atlet ganda campuran China Zheng Siwei yang merupakan pasangan Huang Yaqiong dan atlet tunggal putra Jepang Kento Momota.

"Momentum yang tidak dapat terlupakan pada pencapaian pada 2018 adalah Asian Games 2018. Kami hampir kalah ketika itu, tapi kami dapat bangkit lagi dan akhirnya menang. Itu adalah momentum yang tidak dapat kami lupakan," katanya.

Meskipun telah dua kali mendapatkan penghargaan sebagai pemain putra terbaik, Marcus mengakui penampilannya masih harus diperbaiki dan lebih berprestasi pada turnamen-turrnamen berikutnya.

"Kami tidak ingin cepat puas. Kami merasa dapat menikmati semua karena kami melakukan sesuatu yang kami sukai," kata Marcus.

Selain pemain putra terbaik, Indonesia juga mendapatkan penghargaan lain pada Penghargaan Pemain BWF Tahunan itu.

Sponsored

Atlet para-bulu tangkis putri Indonesia Leani Ratri Oktila meraih penghargaan Pemain Putri Para-Bulu Tangkis Terbaik 2018 setelah merebut dua medali emas pada nomor ganda putri SL3-SU5 dan ganda campuran SL3-SU5 Asian Para Games 2018.

"Saya tidak menyangka pencapaian saya sampai sejauh ini. Penghargaan ini akan memacu semangat teman-teman juga. Saya tidak ingin lengah dengan pencapaian ini dan terus berlatih serta fokus untuk Paralimpiade," kata Ratri. (Ant).

Berikut daftar peraih penghargaan BWF Player of The Year 2018: 
Pemain Putra Terbaik: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) 
Pemain Putri Terbaik: Huang Yaqiong (China) 
Penghargaan Eddy Choong untuk Pemain Paling Potensial: Han Chengkai/Zhou Haodong (China) 
Pemain Putra Para-Bulu Tangkis: Jack Shephard (Inggris) 
Pemain Putri Para-Bulu Tangkis: Ratri Oktila (Indonesia) 
Pemain Paling Berkembang: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)
Busana Terbaik Pemain Putra: Shi Yuqi (China) 
Busana Terbaik Pemain Putri: P.V. Shindu (India).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Lima Wakil Indonesia Masuk Nominasi BWF Player of The Year 2018 . . Pasangan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, berpeluang untuk meraih gelar Male Player of The Year dalam BWF Player of The Year secara beruntun di tahun 2017 dan 2018. . Setelah tahun lalu Kevin/Marcus memenangkan penghargaan ini di Dubai Super Series Finals 2017, tahun ini, Kevin/Marcus kembali masuk dalam nominasi untuk kategori yang sama. . Di tahun 2018, Kevin/Marcus mencatat prestasi fantastis dengan meraih medali emas Asian Games 2018 dan sementara mengoleksi delapan gelar BWF World Tour yaitu gelar di ajang Daihatsu Indonesia Masters Super 500, All England Super 1000, India Open Super 500, Blibli Indonesia Open Super 1000, Japan Open Super 500, Denmark Open Super 750, Fuzhou China Open Super 750 dan Hong Kong Open Super 500. . Kevin/Marcus juga berpeluang untuk menambah gelar lagi jika mereka menjuarai turnamen BWF World Tour Finals 2018. . Pemain ganda putri Apriyani Rahayu masuk nominasi dalam kategori Eddy Choong Most Promising Player of The Year. Pebulutangkis berusia 20 tahun yang berpasangan dengan Greysia Polii ini merupakan juara India Open 2018 Super 500 serta Thailand Open Super 300. Apriyani dan Greysia juga meraih medali perunggu di nomor perorangan dan beregu di ajang Asian Games 2018. . Indonesia menempatkan dua wakil sebagai nominasi most promising athlete of the year. Selain Apriyani, pemain tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung juga masuk nominasi. Di tahun ini, Gregoria menjadi semifinalis Thailand Open 2018 dan Denmark Open 2018. Pemain berusia 19 tahun ini seringkali membuat kejutan dengan menumbangkan pemain-pemain unggulan. . Selengkapnya di badmintonindonesia.org. . #BadmintonIndonesia #Badminton #Bulutangkis

A post shared by Badminton Indonesia (@badminton.ina) on