sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Korsel kecewa tidak dapat menghadiri pembukaan Olimpiade

Kendati begitu, diskusi yang tengah berlangsung akan mengarah pada pertemuan para menteri luar negeri Korea Selatan dan Jepang.

Eqqi Syahputra
Eqqi Syahputra Rabu, 21 Jul 2021 10:32 WIB
Presiden Korsel kecewa tidak dapat menghadiri pembukaan Olimpiade

Presiden Korea Selatan Moon Jae In menyatakan kekecewaannya, karena tidak akan mengunjungi Jepang untuk upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, demikian dijelaskan pejabat senior kantor kepresidenan, Selasa (20/7).

Padahal, Pemerintah Korea Selatan telah menyerukan pembicaraan puncak antara Moon dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, untuk menyelesaikan masalah bilateral yang mendesak sebagai syarat kunjungan presiden ke Jepang.

Sekretaris komunikasi publik di kantor kepresidenan di Korea Selatan Park Soo Hyun menjelaskan, Moon juga berharap pertemuan puncak dengan Suga akan diadakan dalam waktu dekat dan menginstruksikan pejabat pemerintah untuk melanjutkan diskusi dengan Jepang. 

Park mengatakan pemerintah kedua negara telah membahas kunjungan Moon dan telah membuat kemajuan besar, tetapi mereka tidak akan mengungkapkan rincian apa pun.

Sponsored

Sekretaris Komunikasi Publik juga mengatakan diskusi yang tengah berlangsung akan mengarah pada pertemuan para menteri luar negeri Korea Selatan dan Jepang.

Mengenai pernyataan tidak pantas diplomat senior Jepang baru-baru ini tentang kunjungan presiden ke Jepang, Park mengatakan itu bukan alasan yang menentukan untuk tidak mewujudkan kunjungan tersebut, tetapi dia menambahkan pemerintah Korea Selatan tidak dapat mengabaikan sentimen publik atas pernyataan tersebut.

Wakil kepala misi di Kedutaan Besar Jepang di Seoul Hirohisa Soma, dilaporkan mengatakan kepada seorang reporter Korea Selatan bahwa Moon berada dalam tarik ulur hanya dengan dirinya sendiri atas hubungan yang berantakan antara Jepang dan Korea Selatan.

Sumber : Japan Today

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB