sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sepak bola sayur tanpa garam Olimpiade Paris 2024: Tanpa Brasil, ada Israel

Tiket kedua dari jatah Turnamen Praolimpiade U-23 Amerika Selatan 2024 diraih Paraguay.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Senin, 12 Feb 2024 15:01 WIB
Sepak bola sayur tanpa garam Olimpiade Paris 2024: Tanpa Brasil, ada Israel

Tak ada Brasil di Olimpiade Paris 2024. Cabang sepak bola dalam pesta olahraga sedunia akan digelar hambar bagaikan pecel tanpa lele, seperti sayur tanpa garam.

Tim Samba gagal lolos dari Torneo Preolímpico Sudamericano Sub-23 de 2024 setelah takluk dari Argentina 0-1, Senin (12/2).

Dilansir Associated Press, pada laga penentu kualifikasi Olimpiade zona Amerika Selatan, Luciano Gondou mencetak gol kemenangan untuk tim Argentina U-23 yang dilatih Javier Mascherano. Ia menyundul umpan silang Valentin Barco melewati kiper Mycael pada menit ke-78 di Estadio Brígido Iriarte, Caracas.

“Kami pantas mendapatkan ini. Kami tidak kalah satu pertandingan pun di kualifikasi,” kata Gondou yang mencetak empat gol pada turnamen di Venezuela itu. “Kami berupaya sekuat tenaga, kami menunggu gol ini, tetapi pada akhirnya kami mendapatkannya.”

Brasil memenangkan emas sepak bola putra di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020. Tapi juara bertahan takkan mempertahankan medali emas mereka gara-gara kalah di kualifikasi ini.

Tiket kedua dari jatah Turnamen Praolimpiade U-23 Amerika Selatan 2024 diraih Paraguay. Mereka menundukkan tim tuan rumah Venezuela 2-0 di stadion yang sama.

Dikutip CT Post, Paraguay secara mengejutkan lolos ke Paris setelah Diego Gómez mencetak gol dari titik penalti di awal babak kedua. Marcelo Pérez mendorong bola dengan kepalanya ke gawang kosong di menit ke-75 menyusul kesalahan ganjil yang dilakukan pertahanan Venezuela.

Saat ini, 14 tim telah dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tuan rumah Prancis didampingi tiga wakil EUFA (Spanyol, Ukraina, dan satu negara lainnya). Sementara CAF (Afrika) diwakili Maroko, Mesir, dan Mali.

Sponsored

Wakil OFC (Oseania) Selandia Baru dan terbaru Argentina dan Paraguay dari CONMEBOL (Amerika Selatan). Zona AFC (Asia) baru menentukan tiga wakilnya pada medio April mendatang. Setengah jatah sisanya akan diperebutkan dalam play-off antara AFC versus CAF.  

Brasil tidak ada, tapi yang pasti ada: Israel (salah satu wakil UEFA). Bila berandai-andai Indonesia lolos dari Piala Asia U-23 2024 dan terkumpul satu grup dengan negara Zionis itu, Garuda Muda niscaya pulang sebelum bertanding di Paris 2024. Indonesia akan mundur sebelum turnamen dimulai.

Para politisi tentu protes lagi jika PSSI tetap memaksakan diri untuk bermain dengan Israel. Kemungkinan besar Indonesia U-23 takkan sampai ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Selain karena kurang motivasi (karena Israel sudah duluan berada di Olimpiade Paris'24), juga pemain-pemain muda yang tidak cukup berbakat.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid