sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Soft launching Jakarta International Stadium undang tiga klub ternama dunia

Rencananya, turnamen kelas dunia ini diikuti Real Madrid U-18, Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18 dan Indonesia Selection U-20.

Fachrul Nopendra Issalas Dewa
Fachrul Nopendra Issalas Dewa Kamis, 18 Nov 2021 18:17 WIB
 Soft launching Jakarta International Stadium undang tiga klub ternama dunia

Perhelatan turnamen International Youth Championship 2021 akan  digelar di dua stadion, yakni Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan Jakarta International Stadium (JIS). Rencananya, turnamen kelas dunia ini diikuti Real Madrid U-18, Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18 dan Indonesia Selection U-20.

Tujuan International Youth Championship 2021 dan soft launching Jakarta International Stadium (JIS) tersebut, untuk memulihkan industri pariwisata dan olahraga di Bali dan Jakarta, hal tersebut menjadi simbol kolaborasi antara pemerintah daerah di DKI Jakarta dan Bali.

Empat tim kontestan akan menjalani fase grup pada 2-9 Desember 2021 di Stadion I Wayan Dipta , Gianyar, Bali, sebelum tampil di Jakarta International Stadium. Kegiatan akan berlanjut di Jakarta yakni Gala Dinner dan City Tour pada 9-10 Desember dan pertandingan final dan perebutan posisi tiga turnamen International Youth Championship 2021 serta pelaksanaan soft launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 11 Desember 2021.

Ketua Pancoran Soccer Field Gede Widiade menyampaikan, turnamen ini perlu dilestarikan dan dikedepankan, untuk mempertahankan eksistensi Bali sebagai kota wisata. Final yang diadakan di Jakarta International Stadium (JIS) bertujuan agar pusat sport tourism yang nanti diharapkan dapat menunjang kegiatan turis khususnya dalam bidang sepakbola.

“Kami coba melakukan pendekatan kepada tim-tim luar negeri, apakah mereka sedia, karena di Indonesia ada salah satu kegiatan yang cukup spektakuler, yaitu soft launching Jakarta Internasional Stadium (JIS), kami juga menyampaikan kepada teman-teman di Eropa bahwa stadion ini bukan hanya sekedar stadion, yang nantinya juga merupakan ikon Indonesia, juga merupakan pusat sport tourism khususnya dalam bidang sepakbola.” Ujar Gede Widiade dikutip Konferensi Pers Internasional Youth Championship, Kamis (18/11).

Jakarta International Stadium (JIS) ditargetkan rampung pada akhir tahun ini (Desember 2021). Sampai hari ini, sudah selama 115 pekan pembangunan stadion berskala internasional ini berlangsung. Jakarta International Stadium menjadi stadion megah di Indonesia yang memiliki luas hingga kurang lebih 23 hektare dan berkapasitas 82.000 penonton.

Anies Rasyid Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menyampaikan, Jakarta Internasional Stadium ini adalah sebuah stadion yang akan menjadi kebanggaan, walaupun JIS belum seratus persen tuntas, tetapi fasilitas utama sudah siap, jadi untuk pertandingan sepak bola dan fasilitas penunjang wajib untuk sebuah pertandingan sudah siap semua.

“Ini bukan hanya sekedar event sepak bola, tetapi ini adalah sebuah kesempatan untuk mengirim pesan kepada dunia, bahwa Indonesia aman, bahwa Indonesia terkendali kondisi pandeminya, dan kita berharap teman-teman dunia internasional yang hadir akan menjadi duta bagi kita untuk menyampaikan kepada dunia internasional, bahwa situasi di Jakarta dan Bali baik terkendali aman,” ujar Anies Baswedan dikutip Konferensi Pers Internasional Youth Championship.

Sponsored

Bahwa fasilitas Jakarta Internasional Stadium sudah berskala internasional. Itu sebabnya, pertandingan pada event ini, dihadiri oleh klub-klub internasional, harapannya menjadi munculnya bibit-bibit muda yang menjadi pemain berskala internasional. 

 
 

Berita Lainnya