logo alinea.id logo alinea.id

Menggoyang kursi petahana di dapil neraka DKI II

Di dapil ini, caleg pendatang baru bakal menantang para petahana semisal Hidayat Nur Wahid, Eriko Sotarduga dan Biem Benyamin.

Robi Ardianto Ayu mumpuni Kudus Purnomo Wahidin
Robi ArdiantoAyu mumpuni | Kudus Purnomo Wahidin Jumat, 08 Mar 2019 18:09 WIB
Menggoyang kursi petahana di dapil neraka DKI II

Tak seperti fotonya yang ramai terpampang di sejumlah billboard dan spanduk di berbagai pelosok Jakarta, sosok calon anggota legislatif DPR RI Davin Kirana jarang 'nongol' di ibu kota. Dari sejumlah unggahan di Instagram pribadinya @davinkirana, putra pendiri Lion Air Rusdi Kirana itu terlihat lebih banyak blusukan di Malaysia. 

Davin hanya sesekali mengunjungi konstituen di Jakarta. Pada pertengahan Februari lalu misalnya, Davin sempat pulang untuk meresmikan Rumah Sahabat Davin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Namun demikian, Davin masih irit bicara ke media. 

Ketua Sahabat Davin, Widhilima mengakui bahwa Davin memang tergolong orang baru di dunia politik. Karena itu, pihaknya memilih iklan di billboard dan spanduk sebagai upaya menggenjot popularitas caleg yang baru berusia 22 tahun itu.   

"Dia lama di luar negeri. Besar juga di luar. Kita mau ngenalin dulu nih, tapi kan waktu sudah mepet, ya udah kita pakai bilboard saja supaya orang tahu dulu," ujarnya saat berbicang dengan Alinea.id di sela-sela peluncuran Rumah Sahabat Davin. 

Davin tercatat sebagai caleg DPR RI dari NasDem untuk dapil DKI Jakarta II yang mencakup wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Pusat dan luar negeri. Di dapil yang tergolong neraka itu, Davin harus berkompetisi dengan sejumlah petahana, semisal anggota DPR RI Hidayat Nur Wahid (PKS), Biem Benjamin (Gerindra), Eriko Sotarduga, Masinton Pasaribu (PDI-Perjuangan) dan rekan sesama partai Okky Asokawati. 

Caleg-caleg yang berpeluang besar lolos ke Senayan dari dapil DKI Jakarta II.

Meskipun lebih aktif berkampanye di luar negeri, Widhilima mengatakan, Davin juga bakal turun langsung menyapa konstituen di Jakarta.  Rencananya Davin bakal menggelar sejumlah ajang tatap muka dengan warga elite Jakarta di kawasan Pondok Indah, Kemang, Antasari, Menteng, Cikini dan Senen. 

"Karena banyak tanda kutip anak gaul, ibaratnya tanda kutip lagi orang kaya. Fokusnya generasi milenial atau generasi Z, ya dan juga kita akan meningkatkan awareness, nyadarin (ada caleg namanya Davin), kita lebih ke situ sih," ujar dia. 

Ayah Davin, Rusdi Kirana, saat ini tercatat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Malaysia. Namun demikian, pilihan Davin untuk lebih aktif blusukan di Negeri Jiran sebenarnya tak sekadar aji mumpung. Pasalnya, mayoritas warga negara Indonesia pemegang hak pilih untuk dapil luar negeri saat ini berada di Malaysia. 

Berdasarkan data daftar pemilih tetap (DPT) yang dirilis KPU, terdapat 2.058.191 pemilih luar negeri yang akan menggunakan suaranya di Pemilu 2019. Mayoritas pemilih tercatat di KBRI Kuala Lumpur dengan jumlah 558.873 orang. 

Dengan kuota 7 kursi DPR RI di dapil DKI II, Davin berpeluang melenggang ke Senayan jika sukses mengantongi mayoritas suara dari dapil luar negeri. Tak heran jika dalam visi misinya, Davin menjanjikan perbaikan kesejahteraan bagi tenaga kerja Indonesia di luar negeri. 

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB