sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ribuan warga Kupang sambut Jokowi bak pahlawan

“Jokowi! Jokowi! Jokowi!” begitu histeria masyarakat Kupang menyambut Jokowi.

Sukirno
Sukirno Senin, 08 Apr 2019 13:38 WIB
Ribuan warga Kupang sambut Jokowi bak pahlawan

Ribuan masyarakat Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyambut calon presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo seperti pahlawan.

Jokowi tiba di Lapangan Lasitarda Lasiana, Jalan Timor Raya, Kupang, pada Senin (8/4) sekitar pukul 13.00 WITA. Masyarakat menyambut Jokowi dengan tarian Kataga, sebuah tarian asli budaya NTT.

Tarian yang dibawakan oleh mahasiswa asal Loli NTT ini menceritakan penjemputan tamu agung. Tarian ini juga berarti penyambutan pahlawan yang pulang dari medan perang dan membawa kemenangan. 

Enam penari laki-laki berpakaian adat lengkap dengan golok dan perisai. Mereka menari mengikuti irama gong yang dipukul oleh enam orang laki-laki pula. 

“Jokowi! Jokowi! Jokowi!” begitu histeria masyarakat Kupang menyambut Jokowi.

Selain orasi politik, kampanye di NTT itu juga dimeriahkan artis-artis Ibu Kota yang berasal dari NTT. Seperti pemenang ajang pencarian bakat Mario Klaw, Rambu, dan Aldo Longa.

Sejumlah tokoh juga tampak hadir seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ruhut Sitompul, dan tokoh-tokoh dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

Kampanye di NTT diketuai Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat. Politisi Partai Nasdem ini menjabat sebagai Gubernur NTT sejak memenangkan Pilkada pada 27 Juni 2018.

Sponsored

Pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla menang telak di NTT. Jokowi-JK menang di 19 kabupaten dan kota, sedangkan Prabowo-Hatta Rajasa hanya dua kabupaten.

Saat itu, Jokowi-JK meraup 1.488.076 suara atau 65,92%. Sebaliknya, Prabowo-Hatta meraup suara 769.391 atau 34,08%.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Melcias Markus Mekeng, mengatakan keyakinannya untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. “Bisa tidak kita menang 90%?”