sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Posko Tim Hukum AMIN di JIS, mendata kecurangan hingga konsultasi hukum

THN AMIN juga menyediakan layanan konsultasi hukum gratis bagi peserta kampanye dan masyarakat umum.

Hermansah
Hermansah Minggu, 11 Feb 2024 23:18 WIB
Posko Tim Hukum AMIN di JIS, mendata kecurangan hingga konsultasi hukum

Tim Hukum Nasional (THN) AMIN turut berpartisipasi dalam Kampanye Akbar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Jakarta International Stadium (JIS). Sejumlah kegiatan digelar THN di area Ramp Barat stadion terbesar di Indonesia itu.

Posko THN dibuka mulai pagi pukul 06.00 WIB, Sabtu (10/2). Ketua Umum THN AMIN Ari Yusuf Amir mengatakan, kehadiran THN AMIN di tengah-tengah ratusan ribu peserta kampanye, tidak hanya menegaskan komitmen terhadap praktik pemilu yang bersih dan adil, tetapi juga memberikan layanan penting bagi peserta kampanye.

“Ada beberapa agenda yang kami lakukan, antara lain pendataan informasi kecurangan, membuka layanan konsultasi yang berkaitan dengan pilpres, pemajangan alat peraga kampanye (APK), dan kami juga menyediakan makanan dan minuman untuk para peserta yang datang di JIS,” urai Ari.

Mengenai inisiatif melakukan pendataan informasi kecurangan, Ari menjelaskan, posko tersebut terbuka bagi siapa saja yang ingin melaporkan indikasi kecurangan yang mereka amati atau alami. Dengan menggunakan sistem pendataan yang terstruktur, THN AMIN bertujuan mengumpulkan bukti dan laporan untuk ditindaklanjuti dengan langkah-langkah hukum yang diperlukan.

“Pendataan ini menegaskan komitmen THN AMIN dalam menjaga integritas dan keadilan pemilu,” ujarnya.

THN AMIN juga menyediakan layanan konsultasi hukum gratis bagi peserta kampanye dan masyarakat umum yang memiliki pertanyaan atau perlu bantuan terkait dengan pemilihan presiden. Layanan ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak-hak politik mereka dan proses pemilu, serta memberikan panduan hukum bagi mereka yang menghadapi masalah terkait pemilu.

“Di posko THN AMIN, peserta kampanye dapat melihat dan mempelajari berbagai alat peraga kampanye yang digunakan oleh tim,” ujar Ari.

APK ini mencakup bahan-bahan informasi tentang visi, misi, dan program kerja Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, serta materi yang berkaitan dengan saksi dan kerelawanan. Pemajangan APK bertujuan untuk memperluas jangkauan informasi kampanye dan memperkuat pesan pasangan calon ke pemilih.

Sponsored

THN AMIN juga menyediakan minuman dan snack bagi mereka yang datang untuk konsultasi atau memberikan laporan ke THN. Langkah ini tidak hanya mencerminkan keramahan tetapi juga menunjukkan komitmen THN AMIN untuk mendukung dan memfasilitasi peserta kampanye serta masyarakat umum yang ingin berpartisipasi secara aktif dalam pemilu.

Kehadiran dan aktivitas THN AMIN di kampanye akbar Anies-Muhaimin di Jakarta International Stadium merupakan bagian dari upaya kontinu dalam mendukung pemilu yang bersih, adil, dan demokratis.

“THN AMIN mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses pemilu dan menggunakan hak pilih mereka dengan bijak,” tutup Ari.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid