sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ari Dono gantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri

Tito mendapat penugasan baru dari Presiden Jokowi.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 22 Okt 2019 18:45 WIB
Ari Dono gantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Jenderal Pol Tito Karnavian sudah resmi berhenti dari jabatannya sebagai Kapolri. Posisi Tito saat ini diisi oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto.

"Presiden sudah sampaikan yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10).

Puan mengatakan, keputusan menunjuk Ari Dono sebagai pengganti Tito termaktub dalam surat Presiden Joko Widodo ke DPR yang dikirim hari ini. Pada hari yang sama, Tito juga telah mengirim surat pengunduran diri dari jabatannya ke DPR. 

Menurut Puan, surat pengunduran diri Tito dan surat pemberhentian Tito dari jabatan Kapolri yang dikirim Jokowi selanjutnya akan dibahas dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR. "Kemudian beliau (Jokowi) menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Kapolri," kata Puan.

Sponsored

Menurut Puan, Tito telah menyampaikan secara langsung kepadanya terkait penugasan baru dari Jokowi. Namun, Puan mengaku belum mengetahui di kementerian mana Tito bakal ditempatkan. 

"Tadi saya menerima Kapolri dan beliau menyampaikan diberikan amanah baru di pemerintahan. Namun, (menteri) apa, kita lihat saja besok. Kan besok pelantikan," jelas politikus PDI-Perjuangan itu.

Tito dipanggil Jokowi ke Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10) lalu. Mantan Kapolda Metro Jaya itu dikabarkan bakal diplot menduduki jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) atau Menteri Dalam Negeri (Mendagri).