sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Erick Thohir resmi jadi ketua timses Jokowi-Maruf Amin

Erick Thohir resmi menjadi ketua tim sukses pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Maruf Amin.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Jumat, 07 Sep 2018 18:41 WIB
Erick Thohir resmi jadi ketua timses Jokowi-Maruf Amin

Erick Thohir resmi menjadi ketua tim sukses pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Maruf Amin.

Jokowi mengumumkan langsung Tim Kampanye Nasional (TKN) kepada awak media di Posko Cemara, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9) petang. Jokowi mengumumkan Jusuf Kalla sebagai ketua dewan pengarah tim kampanye nasional.

"Kemudian, ketua tim kampanye nasional adalah Erick Thohir," kata Jokowi yang mengenakan kemeja putih berlogo Asian Para Games 2018.

Capres dari PDI Perjuangan itu berseloroh tak perlu menjelaskan profil Jusuf Kalla. Lantaran, saat ini, Jusuf Kalla merupakan Wakil Presiden mendampingi Jokowi pada periode 2014-2019.

Sementara, Jokowi menjelaskan sosok Erick Thohir merupakan pengusaha sukses. Dia memiliki perusahaan media Mahaka Group, pemilik klub basket, klub sepak bola, dan sejumlah bisnis lain.

"Yang jelas, dalam setiap hal yang beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir, tentu saja kita masih ingat, dia ketua INASGOC Asian Games 2018," tuturnya.

Setelah ini, sambung Jokowi, dia akan menyerahkan kepada masing-masing ketua umum partai politik pengusungnya untuk melengkapi posisi-posisi seperti direktur, ketua-ketua, sekretaris, hingga bendahara.

Bakal calon presiden Jokowi tiba di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9) pada pukul 17.34 WIB. Sebelumnya, Wapres Muhammad Jusuf Kalla datang dua menit lebih awal. 

Sponsored

Kedatangan orang nomor satu tersebut disambut oleh para sekretaris jenderal (Sekjen) partai koalisi pendukung Joko Widodo- Maruf Amin. Di antaranya Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen PKP Indonesia Verry Surya Hendrawan, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni, bersama dengan Mensesneg Pramono Anung. 

Sebelumnya Ketua Inasgoc Erick Thohir telah sampai lebih dahulu pada pukul 16.26 WIB, disusul oleh bakal calon wakil presiden Maruf Amin. 

Erick Thohir tiba di posko pemenangan Jokowi-Maruf Amin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9). (Foto: Robi Ardianto/Alinea.id).

Profil Erick Thohir

Nama Erick Thohir memang telah dikenal sebagai pengusaha sukses. Bapak empat anak ini terjun ke dunia bisnis sejak 1993 dengan meneruskan usaha restoran ayahnya, yakni Hanamasa dan Pronto.

Saat bersamaan, Erick memulai bisnis perusahaan media dan hiburan dengan mendirikan Grup Mahaka. Pada 2001, Mahaka mengakuisisi Harian Republika.

Pria kelahiran 20 Mei 1970 itu, kini memiliki JakTV, Gen FM, Delta FM, Female Radio, melalui Mahaka Media Group. Dia juga menggenggam kepemilikan saham di PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) bersama keluarga Bakrie, yang menauingi ANTV, TV One, dan portal VIVA.

Tak hanya bisnis media, Erick juga merambah dunia olah raga. Dia mengakuisisi kepemilikan saham mayoritas klub sepak bola Inter Milan dari Massimo Moratti pada 2013 bersama Rosan P. Roeslani dan Handy Soetodjo. Namun, kemudian Erick melego sebagian kepemilikan saham Inter Milan ke perusahaan China Suning Group.

Putra dari Teddy Thohir, pemilik Grup Astra International ini, juga memiliki saham klub basket NB Philadelphia 76ers. Adik konglomerat pemilik Adaro, Garibaldi Thohir ini, juga pendiri klub basket Satria Muda.

Teranyar, master lulusan administrasi bisnis California State University sukses menjadi Ketua Panitia Asian Games Jakarta-Palembang 2018 (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee/Inasgoc). Ajang olah raga Asia itu mendapatkan pujian dari masyarakat Indonesia dan dunia.

Berita Lainnya