Politik / Koalisi PDIP

Jokowi resmi pilih Maruf Amin sebagai Cawapres

Joko Widodo akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Jokowi resmi pilih Maruf Amin sebagai Cawapres Joko Widodo resmi meminang Maruf Amin sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019. / Antara Foto

Joko Widodo akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Jokowi, sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan, menggelar konferensi pers di rumah makan Pelataran, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8). Sembilan partai politik memberikan persetujuan untuk duet Jokowi-Ma'ruf.

"Bahwa yang akan mendampingi saya sebagai Cawapres adalah Profesor Doktor Kiyai Haji Ma'ruf Amin," kata Jokowi.

Capres petahana itu menyebutkan, setelah mendengarkan masukan dari para ulama, ketua umum partai, pengurus partai, relawan seluruh Tanah Air, maka dia memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai Capres periode 2019-2024.

Tentunya, kata dia, keputusan tersebut adalah tanggung jawab besar yang erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh pelosok Nusantara.

Jokowi menambahkan, pemilihan Mar'uf Amin telah disepakati sembilan ketua umum partai politik koalisi Indonesia Kerja. Mereka adalah Megawati Soekarnoputri (PDI Perjuangan), Airlangga Hartarto (Partai Golkar), Surya Paloh (Partai Nasdem), Muhaimin Iskandar (Partai Kebangkitan Bangsa), Romahurmuzy (Partai Persatuan Pembangunan, Oesman Sapta Odang (Partai Hanura), Hary Tanoesoedibjo (Partai Perindo), Dyas Hendropriyono (PKPI), dan Grace Natalie (PSI). 

Berikut profil Maruf Amin:
Nama: Prof. Dr. KH. Maruf Amin
Tanggal lahir: Tangerang, 11 Maret 1943
Pengalaman: Anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Am PBNU, Ketua MUI, Dewan Pengarah BPUI, 


Berita Terkait