logo alinea.id logo alinea.id

Megawati tak akan campuri perumusan kabinet Jokowi

PDI-Perjuangan juga disebut tak akan meminta jatah menteri secara khusus.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 04 Jul 2019 21:04 WIB
Megawati tak akan campuri perumusan kabinet Jokowi

Ketua Umum PDI-Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri tak akan ikut campur dalam perumusan kabinet baru Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Wasekjen PDI-P Erika Sotarduga, Megawati menyerahkan sepenuhnya pilihan menteri pada Jokowi. 

"Ibu Ketua Umum kami punya satu sikap yang memang memberikan hak sepenuhnya kepada beliau (Jokowi). Biarlah nanti dua tokoh besar (Jokowi-Ma'ruf) ini memutuskan siapa pun atau berapa orang," ujar Eriko di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Kamis (4/7). 

Lebih jauh, Eriko mengatakan, PDI-P juga tak akan meminta jatah kursi menteri ke Jokowi. "PDI-P tidak harus namanya meminta, pasti akan diberikan yang terbaik. Kenapa? Karena memang beliau juga datang dari PDI-Perjuangan," tuturnya. 

Menurut Eriko, tak jadi persoalan siapa dari kalangan mana calon menteri yang akan jadi pilihan Jokowi, baik itu dari kalangan profesional maupun kalangan elite politik. Yang penting, lanjut dia, calon menteri Jokowi kompeten. 

"Kami meyakini Bapak Joko Widodo tidak mendikotomikan antara yang disebut profesional yang datang dari partai atau tidak datang dari partai," tuturnya.

Eriko mengatakan, PDI-P juga tidak mempersoalkan adanya permintaan pos menteri dari parpol-parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf seperti NasDem dan PKB. Menurut dia, permintaan tersebut masih tergolong wajar. 

"Namanya juga permintaan. Tetapi, sekali lagi, kami tentu tidak ingin mencampuri hak masing-masing partai dan kedaulatan dari masing-masing partai," ucapnya.

Seluruh permintaan parpol koalisi, menurut dia, akan diputuskan oleh Jokowi sebagai Presiden terpilih. "Kami sebagai partai yang mengusung beliau sebagai kader utama kader terbaik kami, tentunya kami sangat men-support apa yang beliau putuskan," tuturnya. 

Sponsored