sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

PAN Jatim dukung Mulfachri Harahap dalam kongres

Lantaran mengantongi restu Ketua Dewan Kehormatan, Amien Rais.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Minggu, 12 Jan 2020 19:22 WIB
PAN Jatim dukung Mulfachri Harahap dalam kongres

Dewan Pengurus Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur (DPW PAN Jatim) bakal memberikan dukungan pada Mulfachri Harahap-Hanafi Rais dalam kongres. Lantaran tertarik dengan program yang digagasnya.

"Mayoritas pengurus sepakat untuk memberikan dukungan kepada duet Mulfachri-Hanafi Rais," ucap Sekretris DPW PAN Jatim, Basuki Babussalam, sela rapat kerja wilayah (rakerwil) di Kota Surabaya, Minggu (12/1). Kongres rencananya digelar tahun ini.

Mulfachri berencana mendistribusikan kekuasaan ke pengurus daerah, apabila dipercaya menahkodai PAN. Sebesar 50 persen kewenangan penentuan calon kepala daerah akan menjadi hak pengurus kabupaten/kota. Masing-masing 25 persen lainnya jatah provinsi dan pusat.

Anggota Komisi III ini pun bakal memperhatikan penguatan kader. Juga rajin safari politik dengan pengurus. Visi misi tersebut disampaikan kala silaturahmi dengan DPD PAN se-Jatim, Sabtu (9/1).

"Beliau sangat konsen sekolah kader dan memperhatikan kader di bawah. Seperti di ranting. Kalau orang mengatakan ketika menjadi tesis, mesti ada antitesis," ujarnya.

Basuki menambahkan, kader PAN Jatim solid di bawah kepemimpinan Ketua DPW, Masfuk. Juga setuju dan mendukung penantang Ketua Umum, Zulkifli Hasan. Apalagi, telah mengantongi restu Ketua Dewan Kehormatan, Amien Rais.

"Kalau bicara soal mayoritas dan soliditas, kita di Jawa Timur sangat solid. Jadi, siapa yang didukung oleh Pak Amien Rais, tentunya akan kita dukung," tutur dia.

Sementara, Amien Rais mengatakan, sebanyak empat calon siap "bertarung" dalam Kongres PAN. Mulfachri-Hanafi; Zulkifli; bekas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur; serta Hairul Wibowo.

Sponsored

"Kongres PAN yang saya lihat di petanya, itu ada tiga (calon ketua umum). Maksimal empat," katanya.

Kendati begitu, dirinya memprediksi, kongres hanya akan diikuti tiga kandidat. Sebab, belum mendapat informasi lengkap tentang salah seorang calon.

"Saya belum mendapatkan kelengkapan informasi. Jadi, pegangannya hanya tiga (kandidat)," tutup Amien.

Berita Lainnya