sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

PKS dan Demokrat segera bertemu

Pertemuan diperkirakan bakal terjadi pada awal Desember atau Januari 2020.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 26 Nov 2019 14:22 WIB
PKS dan Demokrat segera bertemu

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat dikabarkan bakal menggelar pertemuan dalam waktu dekat. Belum diketahui apakah pertemuan kedua partai yang berkoalisi tersebut sebagai pemanasan membangun koalisi. 

Presiden PKS Sohibul Iman mengklaim kalau Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah setuju untuk mengadakan pertemuan awal Desember 2019 atau Januari 2020. Kepastian tersebut, kata Sohibul, setelah ia berkomunikasi dengan Waketum Demokrat, Syarief Hasan.

"Pak Syarief Hasan langsung bertanya ke Pak SBY. Beliau bersedia untuk berkomunikasi dengan kita tapi waktunya belum sekarang," kata Sohibul di gedung DPR, Senayan, Jakarta (26/11).

Menurut Sohibul, pertemuan kedua partai di luar koalisi pemerintah ini digagas para kader muda. Namun, PKS harus bersabar hingga SBY bersedia.

"Beliau (Syarief) katakan, mungkin pada pertengahan Desember atau juga mungkin awal Januari. Itu sudah jawaban,” ujar Sohibul.

PKS sebelumya menyatakan diri berada di luar pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sementara Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang pernah berkoalisi di Pilpres 2019 ini belum menyatakan sikap.

Selain dengan Demokrat, PKS juga melakukan komunikasi melalui kader muda untuk melakukan pertemuan dengan PAN. Namun lagi-lagi, niat PKS untuk bertemu belum terwujud, lantaran PAN masih memiliki agenda internal.

“Katanya mereka sekarang sedang sibuk urusan internal. Kalau tidak salah mereka akan kongres. Jadi mereka akan siap bertemu nanti setelah itu. Jadi kita bangun komunikasi,” jelas Sohibul.

Sponsored

Sebelumnya, PKS giat menjalin komunikasi dan melakukan sejumlah pertemuan dengan partai politik seperti: NasDem dan dan Partai Berkarya.