sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Putra Amien Rais, Hanafi Rais, mundur dari PAN dan DPR

Hanafi Rais menyampaikan permintaan maaf atas kekurangannya selama ini.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 05 Mei 2020 11:28 WIB
Putra Amien Rais, Hanafi Rais, mundur dari PAN dan DPR
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Putra Amien Rais, Hanafi Rais, memutuskan mundur dari kepengurusan partai yang didirikan ayahnya. Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI itu juga menanggalkan jabatannya sebagai anggota dewan.

Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas membenarkan pengunduran diri Hanafi. "Saya sudah konfirmasi sama Hanafi. Benar beliu mundur seperti di surat," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (5/5).

Pengunduran diri Hanafi disampaikan melalui sepucuk surat tertanggal 12 Ramadan 1441 Hijriah/5 Mei 2020 yang ia tandatangani.

"Saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024," demikian pernyataan Hanafi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (5/5).

Hanafi tak merinci alasan pengunduran dirinya. Dia hanya menyampaikan permintaan maaf atas kekurangannya selama ini.

Meski demikian, dia mengisyaratkan ketidakpuasan terhadap kondisi PAN saat ini. Menurutnya, kericuhan yang terjadi saat pelaksanaan Kongres V PAN yang berlangsung Februari lalu, telah mencoreng wajah PAN. Hanafi juga mengaku setelah kongres tersebut, dirinya memiliki harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

"Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN jadi antitesis pemegang kekuasaan," kata Hanafi.

Jurnalis Alinea.id juga telah meminta konfirmasi dari Hanafi dan pengurus PAN lainnya, tapi belum mendapat jawaban.

Sponsored
Berita Lainnya