sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Santapan Jokowi-Prabowo dari sate hingga ongol-ongol

Prabowo suka sate kambing dan Jokowi pilih pecel tahu tempe. Maka dipilihlah restoran Sate Khas Senayan untuk santap siang.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Sabtu, 13 Jul 2019 20:00 WIB
Santapan Jokowi-Prabowo dari sate hingga ongol-ongol

Sate Khas Senayan cabang Mall FX Sudirman, Senayan menjadi lokasi kedua pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Di restoran tersebut, keduanya menutup rangkaian pertemuan yang pertama kali berlangsung sejak Pilpres 2019.  

Ada cerita menarik dari pemilihan restoran yang menyajikan menu sate sebagai ciri khas. Rupanya, pilihan tersebut hendak menyesuaikan selera lidah Jokowi dan Prabowo yang doyan menyantap penganan khas Indonesia.  

Dikisahkan Sekretaris Kabinet Pramono Anum, pilihan restoran tersebut karena memiliki olahan khusus sate yang menyesuaikan selera lidah kedua tokoh bangsa tersebut. 

"Kenapa Sate Khas Senayan juga pilihan berdua. Pak Prabowo suka sate kambing dan Pak Jokowi suka pecel tahu tempe. Jadi itu," kata Pramono pada Sabtu (13/7). 

Jadilah siang itu, menu yang disajikan kepada tamu rombongan Jokowi-Prabowo di Restoran Sate Khas Senayan antara lain: olahan sate dan pecel madiun. 

Pengelola restoran Sate Khas Senayan cabang Mall FX Sudirman, Senayan, Jakarta Adi merinci menu yang disajikan Jokowi dan Prabowo. 

"Pak Jokowi pesan sate ayam, sate kambing, teh tawar, pecel madiun. Lalu es kelapa batok," kata Adi kepada Alinea.id.

Selain memesan menu makan siang, Jokowi juga memesan cemilan jajanan pasar untuk menemani obrolan dirinya dan Ketua Umum Gerindra tersebut. Ada pula, ongol-ongol, candil mendut, singkong rebus dan ubi rebus.

Sponsored

Ditanya soal persiapan menjamu kedua tokoh tersebut, Adi mengaku tidak ada persiapan khusus. Sebab pemberitahuannya bersifat dadakan. 

Ia mengaku tidak diberi tahu sebelumnya oleh pihak protokoler Istana bahwa Jokowi dan Prabowo bakal makan siang ditempatnya bekerja. 

"Kami tidak tahu bakal makan disini, kita juga kaget," ungkap Adi. 

Terlepas dari keterkejutan Adi, sebenarnya Jokowi sering makan siang di restoran yang dikelolanya. Adi menyebut saat Asean Games mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut makan siang di tempatnya. 

"Pak Jokowi sudah melekat dengan kami. Sebab kami punya 60 cabang dan sering makan di gedung sini," ucap Adi.

Soal menu yang kerap dipesan Jokowi, kata Adi adalah Sate Mamengan. Bahkan disebut menjadi menu kegemaran sang Presiden. 

Adi pun mengaku bangga tempat restorannya bekerja dipilih menjadi tempat makan siang Jokowi dan Prabowo. Bukan sekedar makan siang, bahkan Sate Khas Senayan dijadikan pertemuan silahturahmi kedua tokoh yang sempat bertarung di Pilpres 2019 tersebut. 

Ia berharap pertemuan ini dapat berdampak terhadap omset restoran Sate Khas Senayan yang dikelolanya.

"Kami bangga dan senang ya bisa didatengin sama Jokowi dan Prabowo. Pasti nanti akan ikut meningkat omset meski saat ini belum keliatan, masih baru," tutup Adi. 

Aufi salah satu pengunjung restoran yang hadir saat Jokowi dan Prabowo santap siang mengaku girang menjadi saksi pertemuan kedua tokoh tersebut. 

Aufi yang baru pertama kali bertemu Presiden Jokowi kaget melihat rombongan memasuki restoran. Lewat pertemuan tersebut, Aufi berharap Indonesia terus menjadi negara yang terus berkembang.