10 BUMN hidupkan kembali Merpati Airlines

Sebanyak 10 BUMN termasuk Garuda Indonesia Group menghidupkan kembali bisnis Merpati Nusantara Airlines.

Garuda Indonesia Group bersama sembilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi untuk restrukturisasi bisnis PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). / Istimewa

Garuda Indonesia Group bersama sembilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi untuk restrukturisasi bisnis PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Sebanyak 10 BUMN dan Merpati Airlines tersebut menandatangani perjanjian kerja sama hari ini (16/10).

Perjanjian ini meliputi kerja sama dalam bidang pelayanan kargo udara, ground handling, maintenance repair & overhaul (MRO) dan training center.

Adapun BUMN yang terlibat dalam sinergi ini adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), serta Himbara yang terdiri dari Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara berharap komitmen sinergi kerja sama bisnis ini dapat menjadi momentum penting bagi Merpati Nusantara kembali beroperasi dan mengembangkan bisnis ke depan bersama dengan BUMN lain dalam semangat sinergi BUMN.

"Dukungan Garuda Indonesia terhadap akselerasi kinerja Merpati Airlines ini juga kami harapkan dapat mendukung kemajuan industri penerbangan nasional serta memperkuat pergerakan perekonomian nasional melalui akses jaringan penerbangan, khususnya layanan kargo yang nantinya dilayani oleh Merpati Airlines ini," jelas Ari di Jakarta, Rabu (16/10).