12 perusahaan siap masuk ke pasar modal

Enam di antaranya merupakan perusahaan yang rencananya akan go public tahun lalu.

Pengunjung beraktivitas di dekat layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (20/12)./AntaraFoto

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, 12 perusahaan telah siap masuk ke pasar modal dan menjadi perusahaam terbuka pada awal tahun ini.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan, dari 12 perusahaan tersebut, enam di antaranya merupakan perusahaan yang rencananya akan go public tahun lalu. Namun tertunda karena ada beberapa kewajiban dari bursa yang belum dipenuhi.

Berdasarkan data BEI, beberapa perusahaan yang akan melepas sahamnya ke publik, antara lain PT Estika Tata Tiara, PT Nusantara Properti Internasional, PT Sentra Food Indonesia, PT Citra Putra Realty, PT Menteng Heritage Realty, PT Arkha Jayanti Persada, dan PT Capri Nusa Satu Properti.

Sementara itu, di antara 12 perusahaan yang siap melantai tersebut, tidak ada satupun perusahaan pelat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun anak usaha BUMN yang telah siap untuk melantai di bursa. 

"Ada beberapa dokumen yang harus mereka kumpulkan atau permintaan penjelasan yang mungkin lebih banyak yang kita minta terhadap beberapa hal. BUMN nanti saya sampaikan termasuk anak-anak usahanya. Dari 12 perusahaan belum ada BUMN," kata Nyoman di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (2/1).