3 keuntungan investasi di reksa dana TFIP

Reksa dana Trimegah Fixed Income Plan dilengkapi fasilitas asuransi jiwa.

Uang pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu rupiah/Antara Foto.

Raiz Invest Indonesia bekerjasama Trimegah AM baru saja merilis reksa dana pendapatan tetap, yakni Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan (TFIP), dilengkapi dengan fasilitas asuransi jiwa yang dianggap memiliki sejumlah keuntungan.

Menurut Investment Specialist Raiz Invest Indonesia Satrio Norojono, ada tiga keuntungan yang didapatkan dengan berinvestasi di reksa dana, di antaranya pendapatan tetap yang dilengkapi fasilitas asuransi jiwa.

"Ketika harga sebuah obligasi naik di pasaran, maka reksa dana yang berinvestasi pada obligasi dapat mencetak pengembalian investasi (return). Sebab, nilai investasinya juga ikut naik seiring dengan harga obligasi," ujar Investment Specialist Raiz Invest Indonesia Satrio Norojono dalam acara press conference secara virtual, Rabu (10/11).

Imbal hasil (return) yang telah dicatatkan TFIP sendiri sudah mencapai 17,95%, termasuk dengan dividen pada periode 2019 hingga September 2021. "Return tersebut lebih tinggi dibandingkan benchmark rata-rata tingkat deposito berjangka 6 bulan dengan return 10,30%," kata Satrio.

Lebih lanjut, mayoritas investasi berdasarkan portofolio dari reksa dana tersebut berupa obligasi korporasi bertenor 2-3 tahun dengan peringkat minimal A atau di atas level layak investasi (investment grade), di mana tenor obligasi yang lebih pendek dari obligasi umumnya 3-5 tahun, maka TFIP lebih tidak bergejolak.