5 alasan mengapa UMKM perlu menggunakan software HRIS

Semakin berkembangnya sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), permasalahan administrasi baru pun mulai bermunculan.

Ilustrasi UMKM. Foto Pexels.

Semakin berkembangnya sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), permasalahan administrasi baru pun mulai bermunculan. Human resources information system (HRIS) mungkin dapat menjadi solusi untuk mengatasinya.

UMKM yang Anda miliki kian hari kian ramai. Operasional bisnis yang mulanya cukup dengan hanya beberapa karyawan kini tak lagi mampu menangani pesanan yang semakin banyak jumlahnya. Ekspansi dan scale up pun akhirnya dilakukan demi mengikuti permintaan pasar yang semakin meningkat.

Namun jika berbicara soal scale up atau peningkatan bisnis, tidak bisa hanya berbicara mengenai penambahan karyawan operasional dan aset besar seperti gedung baru beserta isinya. Cara menjalankan operasional bisnis pun juga harus ikut berubah untuk menghadapi dan menanggulangi masalah yang menyertai proses scale up tersebut.

Semakin berkembang sebuah bisnis, maka akan muncul juga masalah-masalah yang sebelumnya mungkin tak terpikirkan. Hal-hal seperti urusan administrasi karyawan yang sebelumnya dapat dikerjakan sebentar, kini harus memakan waktu cukup lama karena jumlah karyawan yang membludak tetap harus diproses satu persatu.

Lembur dan waktu libur pun akhirnya termakan demi menyelesaikan pekerjaan administratif yang menumpuk. Mulai dari proses penggajian, pengajuan ketidakhadiran, sampai masalah kompensasi. Berkas demi berkas semakin menumpuk, dan kadang hingga berceceran. Akhirnya waktu Anda habis hanya untuk menyelesaikan pekerjaan administratif saja.