Lima bank gabung ke Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia

Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI) dibentuk pada pertengahan 2018.

Lima bank yang terdiri dari Bank Syariah Mandiri, HSBC Indonesia, CIMB Niaga, OCBC NISP Indonesia, dan Maybank Indonesia bergabung menjadi anggota Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI). Alinea.id/Annisa Saumi

Lima bank yang terdiri dari Bank Syariah Mandiri, HSBC Indonesia, CIMB Niaga, OCBC NISP Indonesia, dan Maybank Indonesia bergabung menjadi anggota Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI). Kelima bank tersebut berkomitmen untuk melakukan inisiatif pengembangan keuangan berkelanjutan yang memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.

Compliance, Corporate Affairs, and Legal Director CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan telah membentuk organisasi atau direktorat khusus yang menangani masalah keuangan berkelanjutan ini.

"Kami membentuk organisasi atau direktorat khusus yang menangani sustainability ini. Direktorat ini yang membuat sustainability policy," kata Fransiska di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (26/11).

Fransiska menjelaskan CIMB Niaga memberikan beberapa kategori atau rating kepada nasabahnya mengenai kebijakan sustainability ini, terutama untuk nasabah yang bergerak di sektor kelapa sawit. Pertama, kata Fransiska, ada kategori nasabah hitam yang tak boleh memiliki hubungan dengan CIMB Niaga.

Kemudian, ada kategori nasabah merah yang CIMB Niaga anggap seharusnya memiliki sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) atau Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO), tetapi belum melakukan proses sertifikasi. Nasabah dalam kategori tersebut akan diwajibkan untuk meminta sertifikasi.