55 emiten melantai di bursa sepanjang 2019

Capaian ini lebih rendah daripada tahun sebelumnya sebanyak 57 perusahaan.

Ilustrasi pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia. Foto Antara.

Sepanjang tahun 2019, tercatat 55 perusahaan baru melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Capaian ini lebih rendah daripada tahun sebelumnya sebanyak 57 perusahaan.

"Tahun 2019 bukan tahun yang mudah, itu juga karena terpengaruh kondisi eksternal faktor yang berpengaruh terhadap indeks kita," kata Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi di BEI, Jakarta, Senin (30/12).

PT Uni-Charm Indonesia Tbk. (UCID) menjadi emiten dengan perolehan emisi terbesar tahun ini mencapai Rp1,2 triliun dalam initial public offering (IPO) di BEI. Emiten produsen kebutuhan sanitasi wanita ini melepas sebanyak 831 juta saham dengan harga penawaran Rp1.500 per lembar saham.

Dilihat dari penutupan perdagangan pasar modal tahun 2019 ini, beberapa emiten baru mencatatkan kinerja saham yang meningkat cukup signifikan dari harga penawaran perdana mereka. Emiten-emiten ini turut mendorong kinerja IHSG yang naik 1,7% sepanjang satu tahun.

Tercatat, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (LIFE) menjadi emiten yang memberikan harga penawaran tertinggi sepanjang 2019. Saham perdana LIFE ditawarkan pada harga Rp12.100 per saham. Pada penutupan perdagangan tahun ini, saham LIFE tercatat terkoreksi 49,5% atau mengalami penurunan ke level Rp6.100 per saham.