ADB perkirakan ekonomi Indonesia tumbuh 4,5% pada tahun ini

Indonesia melewati tahun-tahun sulit akibat pandemi Covid-19 di 2020

Ilustrasi. Foto Antara.

Asian Development Bank (ADB) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini mencapai 4,5% dan kemudian meningkat menjadi 5% pada 2022.

Direktur ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein mengatakan, Indonesia melewati tahun-tahun sulit akibat pandemi Covid-19 di 2020, dengan respons kebijakan yang baik dan kepemimpinan yang kuat.

Oleh karena itu, dengan pemulihan bertahap terhadap sektor perdagangan dan manufaktur membawa optimisme bagi pemulihan ekonomi nasional, terlebih dengan dorongan stimulus fiskal yang digelontorkan pemerintah.

“Dengan pulihnya perdagangan secara kontinu, kebangkitan sektor manufaktur, dan anggaran pemulihan ekonomi nasional yang besar untuk 2021, kami optimis Indonesia akan kembali ke jalur pertumbuhannya tahun depan," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4).

Adapun, Asian Development Outlook (ADO) 2021 menyebutkan, pengeluaran rumah tangga di Indonesia diperkirakan meningkat pada 2021, seiring melajunya program vaksinasi dan makin banyak sektor perekonomian yang kembali beroperasi.