Adhi Karya siapkan capex Rp4 triliun bangun tol hingga jalur KRL

Tahun ini Adhi Karya membidik berbagai proyek seperti jalan tol Yogyakarta-Solo dan jalur lingkar melayang KRL.

Emiten pelat merah PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp4 triliun pada tahun ini. / Antara Foto

Emiten pelat merah PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp4 triliun pada tahun ini. Dana capex ini didapat dari kas internal sebanyak 30% dan sisanya dari pinjaman perbankan sebesar 70%. 

Direktur Utama ADHI Budi Harto mengatakan dana capex tersebut sebagian besar untuk biaya operasional dan mengembangkan proyek yang akan dibangun.

Emiten yang bergerak di bidang konstruksi ini berencana menggarap proyek jalan tol Yogyakarta-Solo sepanjang 160 kilometer (km). Nilai investasi proyek ini diperkirakan mencapai Rp21 triliun.

Adapun dalam pembangunan proyek jalan tol ini perseroan akan bekerjasama dengan Gama Group. “Sudah siap desain dari kami dan tinggal tunggu tendernya saja. Nanti ADHI dapat keistimewaan,” ujar Budi di Jakarta, Senin (15/4).

Budi menyebut, ADHI sudah melakukan pengajuan usulan terkait rencana dan desain proyek ini kepada pemerintah. Nantinya, pihak pemerintah yang akan membuka tender untuk menggarap proyek ini.