Ajang penghargaan ALI 2022 digelar demi dorong pelayanan investasi

Pelayanan investasi digenjot demi capai target Rp1.200 triliun.

Pemenang Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022 bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia. Rabu (12/10).

Kementerian Investasi/BKPM motivasi layanan investasi Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah lewat penghargaan Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya peningkatan investasi di tahun ini hingga mencapai Rp1.200 triliun yang sebarannya harus merata di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi yang pesat dan merata serta bersifat indonesiasentris.

“Target investasi Rp1.200 triliun ini untuk menjaga pertumbuhan ekonomi kita di atas 5%, dan kita sudah mampu merealisasikan Rp584,6 triliun atau setara dengan 48,7%,” kata Menteri Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia dalam paparan laporannya di Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022, Rabu (12/10).

Untuk mendukung upaya ini, Presiden Jokowi telah menerbitkan aturan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintahan Daerah.

Aturan ini pun kemudian ditindaklanjuti oleh Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melalui Peraturan Menteri (Permen) Investasi Nomor 2 tahun 2022 tentang Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha Pemerintah Daerah serta Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Kementerian Negara/Lembaga.