Aksi korporasi: BTN siap akuisisi 90% saham Papua Ventura

Emiten BUMN PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. siap mengakuisisi PT Sarana Papua Ventura.

Dirut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono (tengah) berbincang dengan Komisaris Utama Asmawi Syam (kiri) didampingi Direktur Oni Febriarto Rahardjo. / Antara Foto

Emiten BUMN PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. siap mengakuisisi PT Sarana Papua Ventura.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN menyetujui perseroan untuk malakukan aksi korporasi akuisisi Perusahaan Modal Ventura (PMV). Akuisisi tersebut dilakukan untuk mendukung bisnis utama Bank BTN. 

Sekretaris Perusahaan BTN Achmad Chaerul mengatakan BTN selanjutnya akan meminta persetujuan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk merealisasikan rencana tersebut. 

“Kami akan menindaklanjuti persetujuan RUPSLB hari ini tentang akuisisi PMV. Selanjutnya kami akan mohonkan persetujuan kepada OJK agar dapat ditindaklanjuti sebagai langkah strategi bisnis yang akan dilakukan perseroan dalam pengembangan bisnis,” kata Chaerul usai pelaksanaan RUPSLB BTN di Jakarta, Kamis (29/8).

Menurut Chaerul, pengelolaan PMV akan tetap fokus untuk mendukung inti bisnis Bank BTN di bidang pembiayaan perumahan dan meningkatkan pendapatan non bunga. Sehingga nantinya PMV ini dapat memperkuat pertumbuhan kredit dan laba perseroan.