Alutsista Indonesia mampu bersaing di pasar internasional

Senjata buatan Indonesia memiliki kualitas standar kelas dunia.

Seorang prajurit TNI menunjukkan alutsista buatan Indonesia. Antara Foto

Produk alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan Indonesia berpotensi dipasarkan dalam industri senjata di Mesir dan negara lainnya di kawasan Afrika. Pasalnya, senjata buatan Indonesia tersebut memiliki kualitas standar kelas dunia.

“Kualitas produk alutsista kita sudah dipakai di banyak negara serta memiliki harga yang kompetitif, sehingga akan mampu bersaing dengan produsen senjata lain,” kata Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, melalui keterangan tertulisnya.

Helmy menjelaskan, pihak Mabes TNI sudah melakukan penjajakan kerja sama pertahanan Indonesia-Mesir. Hal ini ditandai dengan kunjungan kerja Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) Marsekal Muda TNI Kisenda Wiranata Kusuma ke Mesir pada 6 sampai 8 Februari 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Kisenda melakukan sejumlah pertemuan termasuk dengan pejabat dari Military Intelligence Directorate (MID) Mesir. Pada pertemuan itu, disinggung ide penjajakan berbagi informasi intelijen kedua negara.

"Kunjungan Kepala Bais TNI ini adalah momentum yang harus dimanfaatkan dalam rangka peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Mesir yang sudah berlangsung puluhan tahun,"  ujarnya.