Antisipasi keterlambatan, 14 KAJJ akan setop di Stasiun Jatinegara hari ini

Pengaturan pola operasi khusus dilakukan untuk menghindari keterlambatan penumpang KAJJ karena ada pengalihan arus lalu lintas.

Stasiun Jatinegara, Jakarta, pada November 2020. Google Maps/Taufik Enda Hidayatta

PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan pengaturan pola operasi khusus untuk keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen pada Senin (15/8). Pengaturan pola operasi khusus dilakukan untuk menghindari keterlambatan para pengguna jasa KAJJ karena ada pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya menuju kedua stasiun tersebut.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan, ada 14 KA dengan waktu keberangkatan sekitar pukul 08.00-11.00 WIB yang juga akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang, Senin (15/8).

"Ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang KA jarak jauh agar memiliki alternatif jika terdampak kemacetan lalu lintas saat akan menuju Stasiun Gambir dan Pasarsenen serta menghindari keterlambatan," katanya dalam keterangan tertulis, beberapa saat lalu.

Eva mengatakan, waktu keberangkatan kereta dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen tidak mengalami perubahan dengan adanya pola operasi khusus tersebut. Di sisi lain, penumpang diminta memperhatikan kembali persyaratan perjalanan kereta api sesuai surat edaran (SE) terbaru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berlaku mulai hari ini.

"Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada para pengguna jasa KA yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persyaratan terbaru sesuai dengan penerbitan surat edaran terbaru dari Kementerian Perhubungan Nomor 80 Tahun 2022," terangnya.