Apakah dana desa efektif kurangi angka kemiskinan?

Sepanjang empat tahun pemerintahan Jokowi-JK, dana desa telah digelontorkan sebanyak Rp187 triliun. Apa dampaknya pada angka kemiskinan?

Suasana deretan rumah semi permanen di bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Senin (8/10)./ Antarafoto

Sepanjang empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), dana desa telah digelontorkan sebanyak Rp187 triliun. Apakah hal itu berdampak langsung terhadap menurunnya angka kemiskinan?

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menjelaskan, dana itu dipakai untuk membangun infrastruktur di desa, pengembangan sumber daya manusia, serta pengembangan desa lainnya.

Pada 2018 sendiri, Kemenkeu mengalokasikan dana desa sebesar Rp60 triliun, dengan 41% atau sebesar Rp14,31 triliun di antaranya dialokasikan untuk desa terdepan dan terluar.

"Agar desa bisa mengejar ketertinggalan di desa yang lebih maju," ujar Eko saat ditemui beberapa waktu lalu di Kementerian Sekretariat Negera.

Hasilnya, lanjut Eko, daerah terluar mampu membangun 9.000 km jalan dan 130 km jembatan. Di samping itu, ia mengklaim dana juga dipakai untuk pembangunan drainase dan posyandu.