Asparnas usul agar hotel dijadikan sentra vaksinasi

Hotel-hotel di Indonesia memiliki ballroom atau ruang terbuka yang bisa dipakai untuk tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

Ilustrasi vaksin Covid-19. Alinea.id/Bagus Priyo.

Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Ngadiman mengusulkan, agar pemerintah menggandeng hotel-hotel untuk jadi sentra vaksinasi, supaya target vaksin 70 juta penduduk di akhir Juli 2021 dapat dikejar.

Dia menjelaskan, hotel-hotel di Indonesia memiliki ballroom atau ruang terbuka yang bisa dipakai untuk tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

"Jadikan hotel sentra vaksin. Karena saat ini kuncinya cuma percepat vaksin. Dengan ini kita akan pulih dari efisiensi yang sekarang berlangsung. Kita hanya bisa bertahan," katanya dalam webinar, Selasa (29/6).

Ngadiman pun mengusulkan, agar pemerintah menyediakan stok vaksin di hotel-hotel di dalam negeri, dengan begitu penghuni hotel maupun warga sekitar yang ingin divaksin dapat diberikan. Sehingga percepatan dapat dilakukan.

"Jadi orang wisata sekaligus vaksin. Tetapi vaksinnya harus dapat dulu supaya bisa diberi gratis ke tamu dan semua pihak yang datang," ujarnya.