Bahana prediksi IHSG sentuh level 7.000 pada 2020

Pasar saham akan mendapat sentimen positif dari kinerja emiten yang diperkirakan lebih baik pada 2020.

Direktur Utama Bahana Sekuritas Feb Sumandar (tengah), Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Arisandi (kiri), dan ekonom Bahana Sekuritas Putera Satria saat diskusi dengan awak media di Jakarta, Kamis (14/1/2020). Foto Antara/Citro Atmoko.

Bahana Sekuritas memprediksi pasar saham domestik akan bangkit memasuki 2020 dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mencapai level 7.000 poin, setelah pada 2019 mencatat kinerja kurang memuaskan.

Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi menuturkan pasar saham akan mendapat sentimen positif dari kinerja emiten yang diperkirakan lebih baik pada 2020.

"Bila pada tahun lalu laba bersih emiten tumbuh rata-rata sekitar 2%, pada tahun ini diperkirakan akan naik pada kisaran 9%. Ini terjadi di hampir seluruh sektor kecuali sektor batu bara yang masih akan mendapat tekanan dari rendahnya harga batu bara di pasar global," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (14/1).

Bila dibandingkan dengan pasar surat utang dan juga properti, lanjut dia, pasar saham masih menawarkan keuntungan yang lebih baik karena dengan level suku bunga acuan dan inflasi yang terjaga rendah, yield surat utang diperkirakan tidak akan mengalami banyak kenaikan, bahkan cenderung turun.

"Apalagi The Fed telah memberikan indikasi suku bunga yang tidak akan turun lagi pada tahun ini," katanya.