Bali kembali dibuka, Sandi Uno harap ekonomi bangkit

Untuk sementara, hanya wisatawan mancanegara yang diizinkan masuk ke Bali mulai hari ini.

Petugas bandara berjalan di area keberangkatan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada 5 Oktober 2021. AFP/Sony Tumbelaka

Wisatawan mancanegara (wisman) kembali diperkenankan berwisata di Pulau Bali per hari ini (Jumat, 4/2). Kebijakan tersebut untuk sementara hanya berlaku bagi 19 negara.

Pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA 881 dari Narita, Tokyo, Jepang, menjadi penerbatangan komersial rute internasional pertama yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Kamis (3/2) sore.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengklaim, penerbangan itu menjadi kebijakan yang tepat sasaran, waktu, dan manfaat.

"Serta dapat memahami kebutuhan masyarakat, khususnya pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi," katanya dalam keterangan tertulis.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun mengapresiasi kolaborasi antara berbagai lembaga atas terobosan tersebut. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Ditjen Imigrasi. Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan PT Angkasa Pura I, misalnya.