Beroperasi pekan depan, Bandara Kulon Progo terbuka untuk pesawat besar

Meski sempat menuai berbagai kontroversi, pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo dinyatakan selesai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Presiden Joko Widodo. / Antara Foto

Kementerian Perhubungan menargetkan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo bisa beroperasi pekan depan. Bandara ini juga dipastikan sudah bisa dipakai untuk mendaratkan pesawat berbadan lebar (wide body), seperti jenis Boeing 777 dan Airbus 380.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sudah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan penerbangan pertama di Bandara Internasional Yogyakarta tersebut pada pekan depan.

“Waktunya, kami persilakan kepada Presiden," kata Budi di Yogyakarta, Rabu (24/4).

Lebih lanjut, Budi mengatakan Kemenhub telah membangun terminal dengan kapasitas sekitar 10.000 penumpang. Angka ini sudah disesuaikan dengan trafik penerbangan di Bandara Kulon Progo yang diprediksi mencapai 50 penerbangan per hari.

Selain itu, kata Budi, Kemenhub juga tengah mengkaji penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta untuk Lebaran 2019 nanti. Rencananya, ada beberapa penerbangan dari Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta yang dipindahkan ke Bandara Internasional Yogyakarta, mengingat jumlah pemudik akan mengalami lonjakan.