Bank Dunia prediksi ekonomi Indonesia hanya tumbuh 5,1% di 2019

Bank Dunia memproyeksikan perekonomian Indonesia akan melambat karena faktor eksternal dan internal.

Bank Dunia (World Bank) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bergerak melambat menjadi 5,1% di tahun 2019 setelah sebelumnya tumbuh 5,2% di tahun 2018. Alinea.id/Nanda Aria

Bank Dunia (World Bank) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bergerak melambat menjadi 5,1% di tahun 2019 setelah sebelumnya tumbuh 5,2% di tahun 2018.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi di tahun ini disinyalir karena pengaruh faktor eksternal. Sementara faktor dalam negeri yakni pertumbuhan pendapatan karena pemungutan pajak pertambahan nilai yang menurun.

Selain itu, Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Frederico Gil Sander, mengatakan pertumbuhan pendapatan yang berkaitan dengan komoditas dan pajak penghasilan non-migas juga melambat. 

“Mengingat faktor eksternal yang kurang menguntungkan maka pertumbuhan ekonomi diramalkan turun menjadi 5,1%,” katanya dalam acara Indonesia Economic Quarterly di Jakarta, Senin (1/7). 

Eskalasi perekonomian global juga menyebabkan investasi mengalami penurunan di samping konsumsi masyarakat dan pemerintah yang terus meningkat.